Return to site

Menjaga Lead Yang Memenuhi Kriteria SQL

Strategi yang harus digunakan saat mendapatkan prospek berkualitas

· Tips Sales

Lead yang memenuhi kriteria SQL (Sales Qualified Lead) memiliki peluang yang lebih besar untuk dapat Anda konversi menjadi prospek atau bahkan menjadi pelanggan yang loyal. Tidak peduli seberapa lama proses yang harus Anda jalankan dan hasil akhirnya, semua memang membutuhkan waktu. Tetapi, jika Anda menawarkan produk pada orang yang tidak memiliki minat atau tidak ingin membeli produk Anda, itu artinya Anda hanya membuang waktu.

Jika Anda sudah menemukan sosok lead yang sesuai dengan kriteria SQL perusahaan, wajib bagi sales untuk menjaga mereka tetap berada dalam garis yang tepat agar tidak keluar dari proses yang berakhir pada hilangnya lead.

Bagaimana cara untuk menjaga lead semacam ini agar tetap berada dalam kekuasaan Anda?

1. Meningkatkan efisiensi tim dalam bekerja

Jangan membuat lead menunggu terlalu lama karena proses dari tim sales yang terlalu rumit dan menghabiskan waktu yang dimiliki oleh lead. Tingkatkan efisiensi kerja tim Anda dengan cara apapun. Entah dengan cara tradisional maupun dengan bantuan teknologi penjualan seperti aplikasi CRM dan lain sebagainya.

2. Kurangi keluhan pelanggan dengan solusi yang menarik

SQL merupakan salah satu lead yang berpotensi memiliki hak untuk mengambil keputusan dalam pembelian (buying decision maker) yang ditunjuk oleh perusahaan. Untuk menjaga peluang agar lead ini tetap mengikuti Anda, maka berikanlah solusi-solusi yang semakin meningkatkan ketertarikan lead untuk menggunakan produk Anda. Jangan biarkan mereka mengeluh tetapi Anda tidak mampu memberikan solusi untuk mengatasi keluhan tersebut. Karena, jika Anda tetap membiarkan hal ini terjadi, potensi kehilangan prospek akan terjadi pada Anda.

3. Jaga komunikasi dengan baik

Follow up prospek jika Anda merasa membutuhkan informasi lain dari prospek. Menjaga hubungan dengan prospek akan membawa Anda pada tingkat kepercayaan yang lebih tinggi. Tak hanya itu saja, dengan komunikasi yang menunjukkan kepedulian Anda pada prospek, maka prospek akan semakin yakin untuk segera menggunakan produk Anda.

4. Bawa prospek menjadi peluang

Terakhir, untuk bisa menjaga prospek SQL agar tetap berada di tangan Anda, segera naikkan status prospek menjadi peluang. Artinya, Anda menjadikan prospek ini sebagai prospek prioritas yang Anda nilai sesuai berdasarkan dari proses-proses yang sudah dijalani sebelumnya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com