Return to site

Teknik Sales: Tips  Menciptakan Closing Penjualan Dengan Efektif

4 rahasia untuk meningkatkan efektivitas penjualan

· Tips Sales

Closing terjadi bergantung pada komunikasi yang Anda jalin dengan prospek selama proses serta negosiasi yang Anda lakukan. Jika hanya mengandalkan produk, tentu akan sulit bagi Anda untuk mencapai hasil pendekatan pada closing. Namun, ini akan berbeda jika Anda memahami teknik closing yang baik. Berikut adalah beberapa tips teknik closing yang efektif untuk Anda:

1. Selalu mengingat bahwa penjualan terjadi sejak awal komunikasi

Seperti yang kami sebutkan pada pembuka artikel ini, bahwa penjualan terjadi bergantung pada komunikasi yang Anda jalin dengan prospek. Apabila komunikasi antara Anda dengan prospek tidak berjalan dengan baik, bagaimana cara Anda mengenal apa saja yang menjadi kebutuhan prospek serta bagaimana cara Anda untuk mendekatkan diri dengan prospek?

2. Kenali siapa yang menjadi pemegang hak dalam pembelian

Sebelum Anda mengikuti proses yang lebih jauh dari prospek, Anda perlu mengetahui apakah orang yang sedang Anda hadapi adalah orang yang memiliki hak untuk melakukan pembelian atau ia hanya seorang delegasi dari prospek yang sebenarnya. Mengapa harus mencari tahu siapa prospek yang memiliki hak? Karena ia adalah orang yang bertanggung jawab atas pembelian.

3. Diam untuk menang

Sales yang suka membicarakan produknya sendiri cenderung lebih sulit untuk mencapai penjualan. Karena, hanya membicarakan produk sendiri bukan lagi cara yang efektif untuk menciptakan penjualan. Karena, membicarakan produk tidak memberikan waktu kepada prospek untuk menceritakan apa yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengubah cara Anda dengan lebih banyak diam. Karena dengan diam, prospek memiliki kesempatan untuk membicarakan apa saja yang mereka perlukan. Tugas Anda adalah mencocokkan antara kebutuhan pelanggan dengan produk yang Anda miliki. Itulah maksud dari diam untuk menang.

4. Ciptakan urgensi yang alami

Menciptakan urgensi yang alami pada prospek jauh lebih efektif untuk menciptakan penjualan dibandingkan dengan memberikan diskon kepada pelanggan. Alasannya, ketika prospek merasa sudah waktunya untuk menggunakan produk Anda karena memiliki solusi seperti yang mereka harapkan, tentu mereka akan memutuskan melakukan pembelian saat itu juga.

Nah, itulah beberapa teknik yang dapat Anda gunakan agar dapat menciptakan closing yang lebih efektif. Semoga tips ini dapat membantu Anda menciptakan hasil penjualan yang lebih baik untuk bisnis/perusahaan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly