Return to site

Menjaga Semangat Menjual Agar Tetap Menggebu

Memotivasi diri saat mengalami kesulitan

· Tips Sales

Menjadi salesperson itu sulit, melelahkan dan menguras emosi. Sehingga banyak tim sales yang kehilangan motivasi dalam bekerja karena merasa beban pikiran dan tanggung jawabnya terlalu besar. Apalagi mendekati akhir tahun seperti saat ini, salesperson yang baru mencapai 60% dari target penjualan yang ditargetkan perusahaan, ia tentu mengalami beban moral yang sangat besar.

 

Rentetan kejadian di lapangan seperti ini harus bisa di kontrol dengan baik oleh salesperson itu sendiri. Jangan pernah bergantung pada orang lain untuk mengembalikan semangat kerja yang sedang menurun. Karena ini akan berakibat pada menurunnya produktivitas penjualan, sedangkan tekanan yang didapatkan akan semakin bermunculan.

 

Guna menghadapi situasi yang tidak nyaman seperti ini, berikut adalah beberapa tips dari kami agar Anda tetap semangat menghadapi masalah pekerjaan sebagai salesperson:

 

1. Perbanyak jaringan Anda

Memperbanyak jaringan bisnis bukan hanya memberikan peluang agar Anda mendapatkan pelanggan-pelanggan baru. Namun, mengembangkan jaringan juga menjadi tindakan yang dapat meningkatkan gairah Anda dalam menjual. Alasannya, semakin banyaknya orang yang Anda temui membuat suasana hati Anda berubah dan membantu Anda untuk kembali mencari prospek potensial dari orang-orang baru yang Anda temui dari jaringan.

 

2. Mengubah target personal Anda

Penyebab menurunnya semangat kerja salesperson juga dapat berasal dari target personal yang terlalu tinggi. Mulailah untuk mengubah target personal tersebut menjadi target yang sesuai dengan kemampuan Anda. Dengan target yang lebih sesuai dengan kemampuan diri, Anda akan merasa lebih mudah untuk mencapai hasil yang lebih baik.

 

3. Perbaiki kinerja harian Anda

Terlalu santai karena target masih jauh akan membawa Anda pada pekerjaan yang tiada henti ketika sudah mendekati deadline. Terlalu memaksa diri untuk mencapai target, mengakibatkan Anda kehilangan keseimbangan kesehatan dan juga akan membawa Anda pada tingkat berpikir yang sangat tinggi. Akibatnya, pekerjaan menjadi tidak sesuai dengan harapan. Mulailah untuk memperbaiki kinerja harian Anda agar semangat dari dalam diri Anda tetep terjaga dengan baik untuk mencapai penjualan hingga deadline.

 

4. Mencari hal yang dapat memberikan inspirasi untuk Anda

Dunia saat ini sudah tiada batas, ingin mendapatkan semangat, Anda dapat menonton video motivasi melalui media online. Ingin membaca buku-buku motivasi, sudah ada aplikasi yang menawarkan ebook dan juga artikel online yang dapat Anda manfaatkan. Pilihlah media-media tersebut untuk meningkatkan motivasi Anda dalam bekerja ketika pikiran merasa malas atau kehilangan semangat. Jangan hanya menonton dan membaca yang membuang waktu ketika kondisi Anda sedang dalam di bawah performa. Karena tujuan utama Anda melakukan hal tersebut adalah untuk mendapatkan motivasi dalam bekerja, maka apa yang Anda lihat dan baca adalah yang dapat menumbuhkan motivasi.

 

Sudah siapkah Anda untuk mengembalikan posisi terbaik Anda sebagai salesperson dengan semangat yang lebih baik? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com