Return to site

Bukti-Bukti Yang Dapat Meningkatkan Kepercayaan Prospek

Yang perlu Anda buktikan untuk menambah minat prospek

· Tips Sales

Kepercayaan prospek akan meningkat jika salesperson dapat menunjukkan bukti nyata bahwa produk/layanan yang ditawarkan memang layak untuk digunakan. Prospek tidak membutuhkan angan-angan solusi dan kualitas untuk percaya. Jika Anda hanya menawarkan produk tetapi tidak terbukti sesuai dengan apa yang diharapkan oleh prospek, tentu ia tidak akan melakukan pembelian. Di sinilah peran penting sebuah bukti agar salesperson lebih mudah mendapatkan kepercayaan dan mempercepat proses penjualan.

Apa saja jenis bukti yang harus bisa ditunjukkan oleh salesperson kepada seorang prospek?

1. Konsep produk/layanan yang Anda tawarkan

Sebuah produk tercipta karena berawal dari sebuah konsep. Dari konsep inilah prospek nanti akan mulai mencari gambaran seberapa besar keuntungan yang akan didapatkan oleh prospek jika memutuskan untuk menggunakan produk Anda. Semakin jelas konsep yang Anda tawarkan, prospek akan lebih mudah untuk mulai mencari informasi produk/layanan Anda.

2. Relevansi secara personal

Relevansi atau kesesuaian antara produk dan kebutuhan prospek merupakan bukti kedua yang harus mampu ditunjukkan oleh salesperson untuk mendapatkan kepercayaan dari prospek. Tidak mungkin seorang prospek mempercayai Anda untuk melakukan pembelian jika tidak ada relevansi antara produk dan kebutuhan yang mampu mengatasi masalah prospek.

3. Manfaat dan keuntungan untuk prospek

Pelanggan akan melakukan pembelian jika memang produk Anda memberikan bukti manfaat yang jelas yang disertai dengan keuntungan yang baik. Percuma Anda menjelaskan produk panjang lebar tentang janji manfaat dan keuntungan tetapi tidak diimbangi dengan bukti yang benar-benar dapat diterima oleh pelanggan-pelanggan Anda sebelumnya.

Manfaatkan data penjualan, jadikan data tersebut sebagai bahan untuk membuktikan seberapa bermanfaatnya produk Anda dan juga sebagai alat untuk menunjukkan kepada prospek bahwa produk Anda memang memberikan keuntungan lebih kepada pelanggan.

4. Tunjukkan, bukan hanya berbicara

Berbicara panjang lebar tentang produk bukanlah solusi yang tepat untuk mendapatkan kepercayaan dari prospek. Jika memang Anda ingin segera mencapai penjualan, mulailah untuk menunjukkan semua hal tentang produk Anda kepada prospek, termasuk di dalamnya adalah nilai. Jika Anda gagal menunjukkan nilai dan beberapa poin yang sudah kami sebutkan di atas, tentu akan lebih sulit bagi Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari prospek.

Itulah beberapa hal yang harus bisa Anda buktikan kepada prospek jika ingin mendapatkan kepercayaan dari prospek dengan cepat. Semoga tips ini membantu Anda untuk menciptakan penjualan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Jangan lupa untuk berlangganan email newsletter kami dengan mendaftarkan email Anda pada kolom subscribes di bawah ini dan dapatkan tips-tips terbaru kami.

Ilustrasi (c) Unsplash.com