Return to site

Seberapa Baikkah Anda Mengetahui Data Pelanggan?

Jangan membuat pelanggan Anda merasa sulit karena perusahaan tidak mengenal pelanggan-pelanggannya

· Tips Sales

Sering kita bertemu dengan perusahaan yang selalu melemparkan informasi pada orang lain di perusahaan. Seperti, ketika Anda menghubungi customer service, mereka mengatakan bahwa yang bertanggung jawab adalah tim sales. Namun, setelah Anda terhubung dengan tim sales, anggota tim kembali menunjuk orang lain yang harus bertanggung jawab atas masalah yang Anda hadapi.

Kejadian seperti ini tentu membuat kita sebagai pelanggan merasa tidak dianggap oleh perusahaan. Kita yang mengeluarkan uang untuk membeli produk atau menggunakan layanan mereka, hanya disuruh bersabar mengikuti proses perusahaan yang berbelit. Seandainya, kita tidak terikat kontrak atau memiliki pilihan lain, sudah pasti kita akan mencari perusahaan lain dengan cepat yang dapat memberikan pelayanan lebih baik daripada perusahaan yang kita pilih saat ini.

Selain membuktikan bahwa perusahaan tidak siap untuk memberikan pelayanan maksimal pada pelanggan, ini artinya perusahaan tidak memiliki penyimpanan yang terorganisir untuk dikelola bersama-sama guna kepentingan internal perusahaan. Data penyimpanan seperti ini lumrahnya ditemukan dalam database perusahaan maupun sistem aplikasi/platform CRM. Di mana database dan sistem CRM ini berisikan semua informasi pelanggan dan elemen-elemen data penting lainnya yang dapat mendeskripsikan pelanggan dengan baik dan mudah untuk menemukan hal-hal yang berkaitan dengan penjualan, komplain maupun feedback yang pernah diajukan oleh pelanggan.

Sistem penyimpanan data yang dapat diakses dengan mudah inilah yang membawa tim sales, tim marketing maupun tim-tim lain yang berhubungan dengan pelanggan menjadi lebih paham siapa pelanggan-pelanggan mereka dan siapa yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pelanggan.

Jika perusahaan selalu menjaga budaya menunjuk pihak A, B, C dan seterusnya di dalam perusahaan, artinya tim tidak akan pernah bisa memahami siapa pelanggan yang dihadapi. Apakah ia pelanggan VIP, pelanggan biasa atau jenis-jenis pelanggan lainnya.

Jika Anda ingin memperbaiki pengetahuan Anda tentang pelanggan, mulailah untuk mengatur/mengelola data pelanggan dengan strategi yang lebih baik. Mengimplementasikan aplikasi CRM adalah solusi untuk sales secara personal maupun departemen-departemen lain yang berhubungan langsung dengan pelanggan untuk bisa melayani secara maksimal. Cari tahu lebih mendalam bagaimana peran CRM terhadap tim-tim Anda dengan menghubungi kami melalui email di hi@sales1CRM.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK