Return to site

Menyiapkan Tim Sales Untuk Menjual Dengan Harga Tinggi

Harga lebih mahal bukan berarti berlebihan!

· Sales Strategy

Salesperson merasa bahwa perusahaan memberikan harga yang sangat tinggi untuk suatu produk yang sebenarnya sudah umum dipasaran. Mereka pun merasa takut untuk bisa menjual produk semahal itu. Kekhawatiran tim sales pun juga dirasakan oleh tim marketing. Mereka menganggap perusahaan terlalu berlebihan dan berpotensi tidak dapat bersaing dengan kompetitor jika menawarkan produk dengan harga tersebut. Dari cerita ini, apakah Anda salah satu orang yang merasa atau yang mengalami kondisi tersebut?

Jika iya, berikut adalah beberapa tips agar tim sales dan tim marketing tidak takut dengan harga yang terlalu tinggi untuk menawarkannya pada prospek. Selain tidak takut untuk menawarkan, tim Anda pun juga dapat lebih maksimal dalam mencari pelanggan. Apa saja tips agar tim sales percaya diri dengan harga produk yang tinggi? Beikut tipsnya untuk Anda!

1. Dorongan dari manajemen agar tim sales siap menjual dengan harga tersebut

Manajemen dan sales leader harus memberikan dorongan kepada tim sales agar mereka tetap percaya diri dengan produk yang ditawarkan meskipun harga produk yang diawarkan tersebut lebih mahal dari produk lainnya. Sikap dan pendekatan dari manajemen dan leader seperti ini sangat diperlukan agar tidak terjadi kesalahan persepsi. Bahkan dorongan ini akan menjadikan tim sales lebih siap untuk menjual produk dengan harga tinggi-tinggi lainnya.

2. Tim sales harus memahami bahwa harga yang ditentukan adalah harga yang tepat

Ada banyak produk yang dijual di pasaran dengan harga yang sangat murah. Dari harga murah tersebut apa yang lebih sering didapatkan oleh pelanggan? Kekecewaan, ketidakpuasan, boros dan lain sebagainya. Namun, jika Anda yakin bahwa harga sesuai dengan produk, maka harga tinggi ini akan menjadi harga yang sepadan menurut pelanggan dan tidak akan menimbulkan kekecewaan, namun lebih berdampak pada posisi di mana pelanggan akan cenderung merasa puas dan senang dengan produk tersebut.

3. Pelatihan kepada tim sales agar siap menjawab pertanyaan harga dari prospek

Ketika prospek melakukan panggilan, ia tentu akan mulai menanyakan harga produk atau layanan. Jika suatu saat ada prospek yang mengatakan bahwa perusahaan menjual dengan harga yang terlalu mahal, pada saat itulah pelatihan tersebut akan membantu tim sales untuk menjawab dengan lebih siap dan santai. Semakin baik pelatihan  terhadap tim sales, tentu akan semakin baik pula potensi untuk mencapai hasil penjualan yang maksimal meskipun harga yang ditawarkan di atas rata-rata pasar.

Itulah 3 cara agar tim sales lebih yakin untuk menjual produk meskipun dengan harga produk yang lebih tinggi. Semoga tips ini dapat membantu tim Anda untuk menjual produk lebih baik dan tidak takut persaingan meskipun harganya mahal.

Ilustrasi (c) MaxPixel