Return to site

Mitos vs Kenyataan Dalam Tim Sales

Mitos, kenyataan dan tips dalam dunia sales

· Tips Sales,sales,Sales Strategy
Mitos vs Kenyataan Dalam Tim Sales

Apakah Anda pernah berpikir bahwa dalam dunia sales, terdapat banyak sekali mitos yang muncul, seperti yang terjadi pada tim sales. Banyak eksekutif perusahaan yang percaya bahwa ada kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan oleh tim sales untuk mencapai penjualan maksimal. Padahal, belum tentu kegiatan tersebut sukses atau justru akan menjadikan perusahaan tersebut benar-benar berada pada posisi dimana tim sales tidak dapat bekerja dengan baik.

 

Ketika perusahaan berada pada kondisi tersebut, ada baiknya perusahaan segera membenahi tim sales. Karena jika terlambat, ancaman terbesar perusahaan akan terus membayangi pertumbuhan penjualan. Berikut akan kami bahas tentang mitos-mitos yang sering terjadi di dalam perusahaan dan tips untuk menghindarinya agar mampu mengembalikan kejayaan perusahaan dalam melakukan penjualan.

 

Mitos #1: Satu strategi penjualan yang bagus akan efektif dimanapun berada.

Ketika berpikir tentang strategi, ada kalanya strategi tersebut berjalan dengan baik. Tidak sedikit pula perusahaan yang mengira bahwa strategi tersebut efektif dimanapun lokasinya.

 

Kenyataan:

Strategi yang sama tidak menjanjikan keberhasilan yang sama di tempat lain. Jika tim sales Anda melakukan strategi yang sama setiap waktu, cara tersebut akan lebih mudah ditebak oleh kompetitor. Jika mereka memiliki strategi yang lebih baik, maka bukan tidak mungkin perusahaan Anda akan mengalami penurunan penjualan.

 

Tips:

Hal yang harus diperhatikan oleh tim sales Anda untuk membuat strategi ialah dengan memperhatikan pasar dan memahami alasan mengapa ada perbedaan pada masing-masing pasar. Contoh sederhananya begini, Di kota A memiliki kebutuhan barang konsumsi yang tinggi, sedangkan di kota B minat tersebut lebih rendah. Jika Anda menerapkan strategi yang sama antara kota A dan B tersebut, apakah akan menghasilkan tingkat penjualan yang sama?

 

Susunlah strategi yang berbeda di masing-masing pasar Anda untuk dapat memaksimalkan penjualan. Jangan pernah berpikir bahwa tim Anda bisa sukses hanya dengan strategi sukses yang sudah diterapkan di salah satu pasar.

 

Mitos #2: Semua peran dan perilaku tim sales sama

Ini mungkin sudah cukup jelas, bahwa tim sales Anda akan melakukan perannya sebagai sales dan perilaku mereka dengan menetapkan tujuan dan kegiatan serupa.

 

Kenyataan

Setiap individu pada tim sales memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Tujuan serta aktivitas mereka tentu sangat berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Contohnya, sama-sama menjual kendaraan, sales kendaraaan roda dua dengan roda empat apakah akan melakukan hal yang sama untuk menawarkan produk? Tentu tidak, meski mereka sama-sama berjualan, mereka akan memiliki peran yang berbeda.

 

Tips

Setiap tim sales harus memiliki peran dan tujuan yang benar-benar berbeda. Maksimalkan kinerja mereka sesuai dengan apa yang dapat mereka lakukan. Sales Leader harus bisa memilih mana anggota tim yang sanggup melakukan tugas khusus untuk pre-sale atau mana sales yang bisa melakukan diskusi dengan calon prospek untuk memperbesar peluang mencapai kesepakatan.

 

Mitos 3: Salesman akan mendedikasikan waktu untuk melakukan penjualan

Sebagian besar sales leader yakin bahwa tim sales mereka akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan penjualan. Padahal, berdasarkan data yang dirilis oleh IESE Business School, mayoritas tim sales menghabiskan waktu untuk melakukan penjualan sekitar 20-45% dalam sehari. Sedangkan hanya 9-25% waktu yang dibutuhkan untuk bertemu dengan klien. Sisanya bisa terbuang sia-sia karena harus bolak-balik ke kantor sebelum bertemu dengan klien dan lain sebagainya.

 

Kenyataan

Tim sales bukanlah pedagang asongan yang akan melakukan penjualan dimanapun ia berada. Tim sales ibarat sebuah rudal perusahaan yang menargetkan pelanggan. Mereka harus diarahkan sesuai dengan target dan visi perusahaan. Lain halnya jika tim sales Anda disamakan dengan pedagang asongan, mungkin mereka akan mendedikasikan waktu untuk melakukan penjualan.

 

Tips:

Anda sudah mengerti bahwa pekerjaan tim sales Anda membutuhkan waktu yang cukup panjang. Anda dapat mempersingkat waktu atau mengurangi beban tim sales Anda agar mereka dapat bekerja lebih produktif. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan penerapan CRM. Dengan Sales Force Automation yang terdapat pada CRM akan sangat membantu tim sales Anda bekerja lebih baik.

 

Itulah mitos dan kenyataan terbesar yang sering kami temui dalam dunia sales. Sekarang giliran Anda, apakah tetap menjadikan mitos tersebut sebagai bagian dari tugas tim sales Anda atau mengambil tindakan untuk meningkatkan produktivitas tim sales?

Ilustrasi (c) Pixabay.com