Return to site

Perlukah Menggunakan Cloud Based CRM di Indonesia

Apakah perusahaan saya harus menggunakan Cloud Based CRM?

Perlukah Menggunakan Cloud Based CRM di Indonesia

Anda tentu sudah membaca artikel kami yang membahas tentang perbedaan On-Premise CRM dan Cloud Based CRM sebelumnya. Sebagai bahan pertimbangan lanjutan untuk Anda, kami akan memberikan artikel tambahan buat Anda yang mungkin akan menjawab pertanyaan Anda selama ini yakni “Apa perusahaan saya perlu menggunakan Cloud Based CRM?”.

Jika kami jawab secara umum, ya, semua perusahaan perlu menerapkan Cloud Based CRM. Mengapa? Karena dengan menggunakan CRM ini selain dapat meringankan tugas tim sales, ada manfaat-manfaat lain yang akan didapatkan oleh perusahaan. Diantaranya adalah yang berkaitan dengan data pelanggan, laporan kerja tim dan lain sebagainya. Agar Anda tidak bingung, akan kami bahas lebih detail lagi kepada Anda.

1. Data pelanggan

Berkaitan dengan data pelanggan, kami akan bertanya kepada Anda, apakah Anda pernah melakukan pemusatan data pelanggan? Jika iya, media apa yang Anda gunakan untuk memusatkan data mereka? Jika Anda menggunakan cara tradisional, kami dapat menyebut bahwa Anda sangat berani menghadapi risiko kehilangan data pelanggan Anda. Sebagai contoh, Jika Anda menggunakan komputer pribadi Anda sebagai tempat menyimpan data, bagaimana jika terjadi sesuatu di kantor Anda? Sebut saja listrik padam, banjir dan lain sebagainya.

Kita tahu, di Indonesia masih sangat sering terjadi pemadaman listrik, bukankah begitu? Bayangkan jika Anda menyimpan data pada satu komputer di kantor, tiba-tiba listrik padam, genset rusak sedangkan saat itu Anda butuh data pelanggan tersebut. Bukankah itu akan membuat Anda kerepotan? 

Lain lagi jika Anda menggunakan Cloud Based CRM, tidak peduli listrik padam, komputer rusak, komputer kantor terendam banjir, cukup dengan aplikasi yang terinstall di Smartphone yang terhubung internet, Anda dapat membuka data pelanggan tersebut saat itu juga.

2. Kolaborasi tim

Kerjasama tim sales Anda dapat menentukan nasib penjualan Anda. Dengan metode tradisional sangat sulit bagi mereka berkolaborasi. Bahkan bisa saja tim Anda melakukan kesalahan. Kami ambil contoh, Seorang tim sales tiba-tiba diajak meeting oleh calon klien prospek. Namun, disaat yang sama sales yang biasanya melayani klien tersebut sedang sakit atau sedang melayani klien lain. Disaat seperti itu, perusahaan pastinya akan mengirimkan sales lain. Yang jadi masalah, jika sales lain ini tidak memiliki history proses dengan klien tersebut, bisa jadi terjadi kesalahan dalam proses diskusi. Tidak mungkin sales ini akan menelpon sales pertama untuk bertanya seluruh proses diskusi sebelumnya dari awal sampai akhir.

Disitu peran Cloud Based CRM akan membantu tim Anda berkolaborasi dengan baik. Cukup dengan membuka data pelanggan yang diinginkan semua catatan dalam proses diskusi sebelumnya bisa dilihat oleh sales baru ini.

3. Laporan dan proses diskusi

Cara tradisional yang diterapkan oleh perusahaan sering kali menyusahkan perusahaan itu sendiri. Dulu, adalah hal wajar jika perusahaan menerima laporan kinerja tim sales tiap akhir waktu kerja. Tapi, untuk saat ini cara tersebut sudah tidak lagi efisien.

Dengan menggunakan Cloud Based CRM, tim cukup mengupdate laporannya pada CRM dalam satu kali klik. Hampir sama dengan sistem yang ada pada email, tapi dengan CRM, perusahaan dapat melihat statistik proses semua kinerja tim sales.

Itulah alasan mengapa perusahaan perlu mengimplementasikan Cloud Based CRM di Indonesia. Ada pertanyaan? Kami akan sangat senang membantu Anda untuk menjelaskan lebih dalam lagi mengenai Cloud Based CRM dan implementasinya di Indonesia. Silakan kirimkan email Anda ke hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Pixabay.com / Unsplash.com