Return to site

Mulai Berbisnis Dengan Investasi Pada SaaS

Market bisnis untuk SaaS

· Tips Bisnis

Software as a Service (SaaS) secara sederhana dapat disimpulkan sebagai layanan yang dimiliki oleh pihak ketiga untuk memudahkan pelanggannya mengakses maupun menyimpan data melalui internet dengan sebuah aplikasi. Teknologi yang satu ini sebenarnya sudah sangat sering kita gunakan seperti aplikasi-aplikasi smartphone yang saat ini terpasang pada device Anda.

 

Ketika kita berbicara tentang bisnis atau investasi, SaaS adalah merupakan salah satu tempat investasi yang saat ini dinilai sangat meyakinkan. Mengapa, potensi pasar untuk sebuah aplikasi akan terus mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya pengguna smartphone maupun laptop. Selain itu, semakin besarnya data yang dimiliki juga membuat potensi SaaS ini akan terus diminati untuk jangka panjang. Contoh SaaS yang sering Anda gunakan adalah CRM Cloud Based, Cloud Storage seperti DropBox, Box, Goodle Drive dan lain sebagainya.

 

Lalu mengapa Anda harus berinvestasi pada Saas untuk mulai berbisnis?

 

1. Flexible

SaaS merupakan salah satu model bisnis yang memiliki nilai kecocokan paling kuat dengan masyarakat millenial. Dimana Seorang entrepreneur millenial dan investor kebanyakan berada pada dunia digital. Sedangkan SaaS tidak memiliki lokasi secara fisik, ia berada dalam dunia World Wide Web, yang Artinya, seorang entrepreneur generasi Y dapat berkomunikasi dengan para karyawannya melalui aplikasi SaaS yang dapat dibawa kemana pun.

 

2. Menguntungkan

Dalam beberapa tahun terakhir, revenue SaaS mengalami peningkatan yang cukup baik. Bahkan nilai retensi pelanggan pun cukup meyakinkan. Ini merupakan salah satu bukti bahwa berinvestasi pada SaaS memiliki keuntungan yang lebih baik. Jika digabungkan dengan prediksi IDC, Revenue SaaS diprediksi meningkat 17.6% sedangkan On-Premis hanya diprediksi mengalami peningkatan 3.1%.

 

3. Modal yang lebih ringan

Untuk berinvestasi pada perusahaan SaaS Anda tidak membutuhkan biaya yang besar. Lain halnya jika Anda berinvestasi pada model bisnis seperti membuka toko secara fisik. Target market untuk SaaS pun cukup jelas karena setiap tahunnya jumlah pengguna Internet akan terus tumbuh baik lokal maupun internasional.

Ilustrasi (c) Wikimedia oodo Entertainment