Return to site

Tips Agar Pelanggan Membeli Produk Lain Yang Anda Miliki

Cara menawarkan produk lain kepada pelanggan

Tidak ada sales maupun pedagang  yang tidak mengharapkan pelanggannya melakukan pembelian lebih dari satu produk. Semua ingin pelanggan yang telah membeli produk tertentu bersedia membeli produk lain. Tetapi, untuk dapat mencapai tujuan tersebut, seorang sales harus mengambil langkah yang tidak biasa agar apa yang diharapkannya tersebut dapat terwujud. Apa saja langkah yang harus diambil untuk menarik minat pelanggan terhadap produk lain? Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan:

 

1. Menjaga komunikasi

Sudah cukup jelas, bahwa komunikasi merupakan kunci kepercayaan dan untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan kepada Anda. Dengan menjaga komunikasi ini, pelanggan akan mulai mencari tahu produk apa saja yang Anda tawarkan hingga pada akhirnya mereka melakukan pembelian untuk produk lain dari Anda.

 

2. Mendengarkan

Mendengarkan cerita dari pelanggan  yang kami maksud disini adalah untuk mencari tahu apa saja yang dia butuhkan bukan mendengarkan apa yang akan mereka lakukan saat ini. Sebagai contoh, pelanggan Anda ingin membuat kursi, Anda tidak perlu bertanya “beli kayu ini untuk apa pak”. Apapun yang mereka lakukan itu diluar hak Anda sebagai seorang sales, tetapi tugas Anda adalah memenuhi apapun yang mereka butuhkan.

 

3. Menunggu waktu yang tepat untuk menawarkan

Berapa pun jumlah produk Anda, jangan pernah Anda menawarkan produk kepada mereka secara langsung ketika mereka melakukan pembelian. Jika memang Anda memiliki produk yang berhubungan, tunggulah mereka memperluas diskusi dengan Anda hingga akhirnya menyebut produk yang berkaitan. Saat itu pula Anda dapat menawarkan produk lain yang Anda miliki. Menunggu dan mendengarkan dapat memperluas informasi tentang pelanggan yang nantinya dapat Anda manfaatkan di kesempatan lain.

 

4. Memberikan gambaran biaya

Sering kali ketika pelanggan ingin melakukan pembelian produk lain, mereka memberikan alasan “uang saya tidak cukup, belum ada uang dan lain sebagainya”. Ketika Anda mendapatkan jawaban tersebut, berikanlah gambaran yang tepat terkait produk-produk yang Anda miliki. Misal, ketika pelanggan melakukan pembelian dari beberapa produk bersamaan, terdapat potongan harga. Selain memberikan potongan, Anda dapat menjelaskan lebih rinci dengan situasi yang akan mereka hadapi dimasa yang akan datang. Contoh, untuk pembelian produk A dan produk B, bapak akan mendapatkan potongan harga Rp,xxxx. Selain itu, keuntungan yang dapat bapak ambil adalah bapak dijamin akan dapat harga yang lebih murah. Karena produk ini sering mengalami kenaikan harga yang cukup cepat. 

 

Itulah cara memancing pelanggan untuk melakukan pembelian produk lain kepada Anda. Apakah Anda memiliki cara lain? Silakan bagikan pengalaman Anda dengan meninggalkan komentar dibawah ini.

Ilustrasi (c) Pixabay.com