Return to site

Tips Marketing: Inbound Marketing Untuk Menarik Lead

Memaksimalkan inbound marketing untuk bisnis

Menerapkan inbound marketing dalam bisnis Anda memang akan sangat membantu meningkatkan potensi semakin banyaknya lead. Meski demikian, penerapan strategi ini sangat tidak mudah.  Anda perlu bekerja ekstra agar inbound marketing Anda berjalan dengan baik. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui agar tidak ada kesalahpahaman tentang apa saja yang dibutuhkan dalam penerapan inbound marketing untuk menarik lead Anda.

1. Inbound marketing bukan strategi yang dapat diperbaiki dengan cepat

Konsep pemasaran ini memang terlihat lebih sederhana jika dibandingkan konsep strategi marketing lain. Namun, dalam konsep ini ada nilai kesulitan dimana Anda tidak dapat melakukan perbaikan strategi dengan cepat untuk menarik lead. Misal, Anda menerapkan iklan Google dan Facebook untuk menarik lead, dari iklan ini Anda menargetkan 600 penjualan per hari. Tetapi pada kenyataannya target yang tercapai hanya 60%.

Pada kondisi seperti ini Anda tidak dapat langsung merubah seperti keinginan Anda. Perlu proses-proses yang cukup panjang untuk dapat menyesuaikan dengan target.

2. Membutuhkan komitmen

Melihat contoh pada poin #1, sudah cukup jelas bahwa strategi marketing ini membutuhkan komitmen dari perusahaan. Semakin serius perusahaan mengatasi masalah, semakin baik pula hasil yang akan didapatkan. Fokus pada masing-masing target marketing akan lebih menguntungkan bagi Anda dibandingkan melakukan pemasaran tanpa fokus pada tiap titik. Contoh, untuk tahap awal Anda dapat fokus pada SEO, ketika SEO sudah menghasilkan, Anda dapat melanjutkan pada social media. Pilihlah social media yang paling berpengaruh dalam bisnis Anda pada tahap-tahap awal.

3. Inbound marketing bukan untuk semua orang

Jangan pernah menerapkan inbound marketing tanpa target yang jelas. Karena, melakukan strategi marketing ini akan membutuhkan biaya yang sangat besar ketika Anda tidak fokus pada target. Anda pun hanya akan mendapatkan audiens general yang tidak berhubungan dengan model bisnis Anda.

4. Inbound marketing dengan benar menghemat biaya di masa depan

Salah satu contoh paling nyata adalah bagaimana ketika Anda memaksimalkan SEO untuk inbound marketing Anda saat ini. Jika saat ini Anda membangun SEO dengan biaya yang cukup besar, jangan panik, selama struktur SEO Anda masih sesuai dengan algoritma Google, maka SEO Anda akan terus bekerja sampai kapan pun. Yang Anda perlukan hanyalah dengan menambahkan sedikit update pada SEO Anda setiap bulannya.

Ilustrasi (c) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK