Return to site

Mulailah Berpikir Tentang CRM Untuk Kepentingan Bisnis Anda

· Tips Bisnis,CRM Di Indonesia

CRM adalah sistem tambahan yang dapat memperkuat aktivitas penjualan untuk kepentingan bisnis bagi pelaku bisnis UMKM dan enterprise. Maka dari itu inilah saatnya bagi Anda para pelaku bisnis kecil dan enterprise untuk mempertimbangkan bagaimana Anda dapat bekerja lebih baik dalam penjualan dengan menggunakan sistem CRM.. Perhatikan baik-baik beberapa celah pada sistem Anda saat ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

1. Apa tujuan Anda untuk mengelola hubungan klien Anda?

Dalam setiap bisnis tentu membutuhkan pelanggan, dari sini Anda harus memahami bahwa setiap hubungan dengan pelanggan tujuan akhir adalah untuk menghasilkan penjualan. Jika pada sistem Anda tidak dapat memenuhi hal ini, maka Anda perlu mulai mempertimbangkan untuk mencari sistem lain yang dapat membantu Anda dalam membuka tujuan tersebut.

2. Apakah Anda dapat memberikan interaksi yang dipersonalisasi?

Pertanyaan selalnjutnya, bagaimana sistem Anda saat ini dalam mengelola interaksi dengan pelanggan. Ketika Anda tidak dapat mempersonalisasikan setiap interaksi tentunya Anda sudah kalah dengan kompetitor yang sudah paham betul mengenai cara berinteraksi dengan baik dan melakukan personalisasi dalam menyampaikan pesan.

3. Bagaimana cara kerja solusi perangkat lunak Anda saat ini untuk Anda dalam mengelola hubungan dan interaksi dengan pelanggan?

Setiap orang membutuhkan sistem yang dapat mengelola hubungan dengan interaksi yang baik. Jika saat ini Anda memiliki sistem untuk membantu mencatat kontak namun tidak dapat mengelola hubungan, tentunya sistem ini masih kurang membantu Anda.

4. Sudahkah Anda merancang perjalanan pelanggan Anda? Apakah sistem Anda saat ini memberikan wawasan ke mana mereka berada dalam perjalanan itu? Apakah Anda tahu tahap pembelian semua prospek Anda?

Poin-poin pertanyaan ini dapat diambil satu poin terakhir yaitu memahami riwayat pembelian pelanggan. Jika Anda belum memiliki data untuk menyimpan data riwayat pembelian, ini akan menyulitkan Anda dalam memroses masalah yang dhadapi oleh pelanggan-pelanggan Anda.

5. Apakah Anda mengirimkan kampanye pemasaran yang tepat kepada orang yang tepat?

Pada poin sebelumnya kami telah menyinggung tentag personalisasi, jika sistem Anda tidak dapat mempersonalisasikan pelanggan dan target, bagaimana cara Anda untuk menemukan target yang tepat?

6. Dapatkah Anda secara otomatis melacak bagaimana prospek dan klien Anda merespons kampanye ini?

Melacak dan memantau pelanggan mulai dari awal proses sangat penting. Karena, ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pemasaran yang sudah dilakukan. Apakah sistem Anda sudah dapat membantu Anda dalam melakukan pelacakan seperti ini?

Jika Anda tidak puas dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sudah kami sebutkan di atas, itu artinya sudah saatnya Anda mulai serius dalam mempertimbangkan penerapan sistem CRM. Ini akan menjadi investasi yang tidak akan Anda sesali. Karena, masalah-masalah yang Anda temukan dari pertanyaan di atas, dapat Anda selesaikan dengan sistem CRM. Untuk mendapatkan sistem CRM yang mudah untuk Anda gunakan, silakan gunakan sistem CRM dari Sales1. Informasi lebih lanjut silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Sales1CRM.com