Return to site

Negosiasi Dalam Meningkatkan Hubungan & Kepercayaan

· Tips Sales

Tidak akan ada penjualan jika tidak ada proses negosiasi yang dicapai antara sales dan prospek. Karena pada proses negosiasi akan mempertemukan solusi dalam proses penjualan yang pada akhirnya membuat pelanggan mengambil keputusan untuk membeli produk kepada Anda. Jika salah satu pihak memutuskan untuk membatalkan proses negosiasi, maka secara otomatis proses menjadi terhenti dan tidak akan pernah terjadi penjualan. Kepercayaan dalam setiap proses menjadi kunci yang harus diperhatikan oleh sales maupun calon pelanggan. Jika Anda menghadapi jalan buntu dalam proses negosiasi, belum tentu proses ini sudah selesai. Tetapi, bagaimana Anda tetap menjalin komunikasi dan meneruskan negosiasi tersebut.

Apa yang dilakukan oleh sales dan prospek akan terputus jika salah satu dari kedua pihak ini memutuskan untuk mengakhiri semuanya. Jika prospek yang memilih untuk menghentikan proses, maka Anda sudah kalah dalam proses negosiasi. Namun, jika Anda memilih mundur, itu artinya Anda berhasil mempertahankan kualitas produk dan layanan yang tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan yang meminta hal-hal yang tidak dapat Anda berikan seperti meminta diskon yang berlebihan atau menawar dengan harga yang tidak pantas.

Proses negosiasi adalah proses untuk meningkatkan kepercayaan satu sama lain. Namun, sebagai penjualan Anda harus tetap bertahan dengan apa yang Anda miliki bukan hanya mengejar jumlah penjualan. Karena sejatinya penjualan yang benar bukan hanya mencapai penjualan saja. Tetapi bagaimana Anda dapat terus menegosiasikan penjualan-penjualan yang berkelanjutan dan membangun kepercayaan yang lebih baik agar menghasilkan loyalitas dari pelanggan.

Bukan hal yang asing jika suatu saat terjadi perselisihan antara pelanggan dengan penjual karena ada suatu kekeliruan. Namun, hal ini bukanlah alasan untuk mencegah penjualan terjadi dengan pelanggan tersebut. Meningkatkan hubungan dengan pelanggan adalah solusi yang tepat yang dapat Anda lakukan ketika terjadi kesalahpahaman. Dari proses kesalahpahaman yang dapat diselesaikan dengan baik ini akan meningkatkan kepercayaan yang pada akhirnya akan memudahkan Anda dalam mencapai negosiasi-negosiasi lanjutan dengan pelanggan tersebut hingga dapat menghasilkan penjualan yang lebih maksimal dari waktu ke waktu.

Ilustrasi (c) Unsplash.com