Return to site

Panggilan Penjualan Akan Gagal, Jika…

· Tips Sales,Strategi Sales

Melakukan panggilan penjualan merupakan bagian penting dari pekerjaan salesperson. Sayangnya, banyak salesperson yang sering gagal menerapkan cara penjualan ini karena panggilan yang ia lakukan diawali dengan rasa ragu dari dalam dirinya. Sehingga, upaya untuk mendapatkan kepercayaan dari prospek justru berakhir dengan hilangnya minat untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan. Untuk itu, hindarilah beberapa hal berikut ini ketika Anda menjalankan panggilan untuk penjualan.

1. Anda tidak memiliki tujuan

Setiap panggilan yang Anda lakukan, bukan hanya untuk mencari tahu minat dari lawan bicara. Tetapi, harus ada tujuan yang jelas untuk menghasilkan informasi dan data yang lebih akurat sebagai bagian dalam proses penjualan yang tengah Anda usahakan.

2. Anda lupa berbicara dengan siapa

Apakah Anda sadar dengan siapa Anda berbicara di perusahaan tempat prospek bekerja? Apakah Anda yakin ia adalah orang yang dapat mengambil keputusan untuk melakukan pembelian atau masih berada di bawah pimpinan pengambil keputusan? Apabila ternyata orang tersebut bukanlah pengambil keputusan, itu menandakan bahwa selama ini Anda telah berkomunikasi dengan orang yang kurang tepat. Waktu yang Anda dedikasikan untuk orang tersebut pun berakhir sia-sia karena pengambil keputusan sudah berhasil mencapai kesepakatan dengan kompetitor.

3. Anda terlalu percaya diri

Jangan karena Anda berbicara dengan teman dekat, Anda merasa bahwa proses komunikasi dengan prospek ini akan berjalan dengan baik karena Anda terlalu yakin ia tidak akan menolak Anda. Hal serupa pun bisa terjadi ketika Anda terlalu yakin bahwa prospek pasti akan memilih produk Anda dibandingkan kompetitor. Stop, terlalu percaya diri hanya akan menjadi boomerang untuk Anda, tawarkan produk dengan cara yang lebih alami, biarkan prospek mempelajari produk yang Anda tawarkan.

4. Kurang riset

Riset merupakan bagian penting yang harus dilakukan oleh salesperson sebelum melakukan panggilan untuk penjualan. Jika Anda merasa sudah sangat mengetahui masalah prospek maupun profilnya, tetapi data tersebut masih kurang, tentu ini hanya akan menjadi masalah baru dalam proses panggilan Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda hindari ketika menjalankan proses penawaran dengan melakukan panggilan dari kami. Semoga informasi ini membantu memperbaiki kualitas panggilan penjualan Anda menjadi lebih baik.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK