Return to site

Sales 2020: Kemampuan Yang Perlu Dimiliki Salesperson

· Tips Sales,Strategi Sales

Menjadi salesperson harus selalu meningkatkan kemampuannya dari tahun ke tahun. Termasuk untuk memperbarui kemampuan yang Anda miliki dalam menghadapi tantangan penjualan pada tahun 2020 ini. Ada beberapa hal yang harus Anda tingkatkan dalam menghadapi tantangan tahun ini, diantaranya adalah:

1. Kemampuan untuk melihat potensi besar dari prospek

Tidak semua yang kita lihat besar diluar akan menghasilkan sesuatu yang besar pula ketika kita berhasil menjual. Untuk itu, Anda harus lebih jeli dalam melihat semua peluang yang ada dan meningkatkan kemampuan Anda dalam melihat potensi besar dari seorang prospek. Apa yang dimaksud dengan potensi besar dari prospek? Potensi besar bukan hanya sebatas penjualan besar saja, tetapi potensi akan adanya pertumbuhan pembelian yang akan dilakukan oleh prospek dengan melihat kondisi bisnis yang dijalankan oleh prospek.

2. Kemampuan untuk membangun brand secara online

Membangun brand dan memperkenalkan bisnis melalui media online memang sudah sering menjadi bahan pembicaraan, tetapi masih sering pula perusahaan enggan memperhatikan hal ini dengan berbagai alasan. Anda sebagai salesperson harus bisa membawa bisnis Anda menjadi lebih dikenal dengan meningkatkan kekuatan brand Anda melalui online. Bagaumana pun, kesadaran khalayak terhadap brand Anda dalam ranah dunia maya ini adalah suatu keharusan yang perlu diperhatikan. Jika Anda tetap bersikukuh untuk tidak menciptakan kesadaran melalui online, maka Anda berpotensi akan kalah bersaing dengan mereka yang lebih giat untuk membangun brandnya melalui layanan online.

3. Kemampuan untuk mengajukan pertanyaan yang tepat

Mengajukan pertanyaan kepada prospek tidak semata-mata hanya untuk menanyakan apakah akan melakukan pembelian atau tidak. Tetapi, Anda harus bisa menggali informasi yang lebih dalam mengenai kebutuhan prospek melalui pertanyaan yang Anda ajukan tersebut. Ketika Anda memiliki prospek, ajukan pertanyaan yang dapat menghasilkan jawaban rinci tersebut agar lebih mudah bagi Anda untuk memberikan solusi. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan kemampuan dalam mengajukan pertanyaan yang tepat.

4. Kemampuan untuk memahami data

Data adalah bagian penting dalam sebuah proses untuk mencapai penjualan. Dengan memahami data-data yang sudah dikumpulkan dari tahun-tahun sebelumnya, Anda akan lebih mudah untuk menentukan strategi penjualan, hubungan pelanggan dan metode pemasaran yang tepat berdasarkan data yang Anda lihat tersebut. Tak mudah memang dalam mengelola data, untuk itu teknologi hadir dan memberikan  kemudahan kepada Anda seperti kehadiran big data, cloud CRM, business intelligence dan lain sebagainya yang mana teknologi-teknologi tersebut dapat Anda gunakan untuk menghasilkan penjualan yang lebih baik.

Dari keempat poin yang kami sebutkan di atas, mana yang akan menjadi prioritas Anda untuk menghadapi tantangan 2020 ini? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com