Return to site

Pelatihan Untuk Pengembangan Tim Sales

· Leadership

Program pelatihan internal memberikan efek yang sangat besar terhadap pertumbuhan baik untuk sales maupun perusahaan. Program seperti ini juga sangat penting untuk perusahaan dan dapat memudahkan sales leader dalam menentukan strategi seperti untuk menentukan target penjualan, mengelola penjualan, estimasi penjualan, membantu closing lebih baik atau bahkan untuk memudahkan perusahaan dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan sales representatif yang dimiliki. Saat memasuki proses untuk penjualan, pelatihan internal yang dilakukan oleh perusahaan tidak hanya meningkatkan keterampilan dan kemampuan untuk menjual saja. Tetapi, ini juga akan dapat mendorong tim dalam bekerja untuk retensi (penjualan ulang) yang lebih baik. 

Pengembangan keterampilan melalui program ini pun dapat menghasilkan konsistensi tim sales dalam mencapai kuota atau target yang diberikan oleh perusahaan setiap bulannya. Pelatihan juga dapat menjadi budaya positif yang dapat terjalin di dalam tubuh tim. Artinya, ketika sales leader memberikan pelatihan kepada tim sales yang sudah dimiliki, ketika ada tim sales baru yang bergabung dengan perusahaan, maka tim sales lama ini tidak akan segan untuk memberikan pelatihan serupa kepada anggota tim baru tersebut.

Selain budaya untuk saling membimbing, program pelatihan ini dapat mendekatkan anggota tim satu sama lain yang dapat membantu perusahaan untuk mencegah terjadinya persaingan internal yang berimbas pada kegagalan dalam mencapai target penjualan dari waktu ke waktu. Artinya, tim sales memiliki potensi yang lebih besar untuk menguasai seni dalam menjual suatu produk dan kesiapan dalam menghadapi setiap kondisi pasar.


Menggabungkan program pelatihan internal dengan disertai aplikasi CRM menghasilkan metode pelatihan yang lebih tepat. Karena, sales leader dapat menentukan program seperti apa yang harus dilakukan dengan berdasarkan pada riwayat penjualan yang didapatkan oleh tim sales selama ini. Selain dapat menggunakan data riwayat penjualan, sales leader juga dapat melakukan program pengembangan untuk mengurangi proses yang dilakukan oleh tim sales hingga closing kesepakatan atau keluar dari proses.

Dari semua pelatihan yang diberikan oleh leader ini nantinya akan memberikan dampak yang sangat positif untuk pengembangan keahlian tim sales dalam menjual produk. Efisiensi proses akan lebih mudah dicapai, proses yang lebih sederhana juga akan menghasilkan prospek maupun penjualan yang lebih cepat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com