Return to site

Tips Event Yang Efektif Untuk Mendapatkan Lead Berkualitas

· Tips Marketing

Membuat event merupakan langkah pemasaran yang efektif untuk menghasilkan penjualan yang baik. Jika dilakukan dengan benar, metode pemasaran ini dapat menjadi kesempatan yang sangat potensial untuk mendapatkan prospek atau lead yang berkualitas. Hanya saja, Anda membutuhkan strategi yang sangat matang untuk menghasilkan prospek tersebut. Menyelenggarakan event apa pun membutuhkan dana yang sangat besar. Ini tidak hanya berlaku untuk pengadaan event secara mandiri maupun dengan mengikuti event corporate yang diikuti oleh berbagai macam perusahaan. Bahkan, ketika Anda mengikuti event yang diselenggarakan oleh Event Organizer, sangat memungkinkan bagi Anda berhadapan langsung dengan kompetitor pada satu event yang sama. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar Anda mendapatkan lead berkualitas dari event yang Anda ikuti/selenggarakan.

1. Memaksimalkan data pelanggan yang dimiliki saat ini

Event seperti apa yang harus Anda selenggarakan atau diikuti? Pertanyaan ini dapat Anda jawab ketika Anda mampu memaksimalkan data pelanggan sebelum memutuskan untuk berpartisipasi maupun menyelenggarakan sebuah event. Karena, dengan data pelanggan ini Anda akan memperoleh profil dan demografi pelanggan yang nantinya dapat Anda jadikan sebagai alat untuk mengkomparasi cocok atau tidaknya event tersebut dengan bisnis Anda.

2. Tidak hanya menawarkan produk tetapi menggali informasi kebutuhan prospek

Ketika kita datang sebagai seorang pengunjung pada sebuah event corporate seperti sebuah event eksebisi, kita sering kali ditawarkan sebuah produk oleh marketing yang ada pada booth event. Apakah cara ini dapat menarik Anda? Kebanyakan, cara seperti ini tidak lagi diperhatikan oleh kita. Umumnya, kita akan lebih cenderung melihat produk terlebih dahulu dan kemudian akan bertanya-tanya mengenai produk tersebut. Hal seperti ini yang jarang diperhatikan oleh marketer maupun sales yang ada pada saat mengikuti atau menjalankan sebuah event. Kurangilah menawarkan produk dan perbanyaklah menggali informasi dari prospek ketika ada tanda-tanda prospek meminati produk Anda. Jangan hanya menarik prospek dengan diskon, tapi jalin komunikasi yang baik untuk mendapatkan informasi yang lengkap agar dapat memberikan penawaran berdasarkan solusi bukan asal menawarkan produk/layanan saja.

3. Menyimpan data hasil event pada sistem CRM

Poin ini merupakan strategi jangka panjang untuk Anda. Dengan menyimpan data pada sistem CRM dan mengumpulkan nama-nama prospek/lead di dalamnya, Anda dapat memiliki sebuah metrik yang dapat Anda jadikan patokan dalam menentukan srategi ketika akan mengikuti atau mengadakan event di masa depan. Dari CRM pula Anda dapat mengetahui seberapa banyak jumlah pelanggan yang didapat dan juga Anda dapat mengetahui berapa banyak prospek yang dulu sudah berinteraksi dengan Anda pada event sebelumnya. Ketika Anda memiliki data-data tersebut, Anda akan lebih mudah untuk melakukan personalisasi terhadap kemungkinan-kemungkinan penjualan dari lead yang dulu sudah pernah melakukan komunikasi dengan berbekal riwayat data yang tersimpan pada sistem CRM.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK