Return to site

Cara Agar Anda Dapat Memenangkan Proses Penjualan

· Tips Sales,Strategi Sales

Memenangkan penjualan, mungkin Anda akan mengira kalau yang kami maksud adalah memenangkan persaingan dengan kompetitor. Tetapi, dalam proses penjualan, kemenangan bukan hanya dengan kompetitor saja, kemenangan juga akan dapat Anda rasakan ketika berhadapan dengan prospek. Mengapa disebut dengan kemenangan? Karena banyak sekali prospek yang berhasil mempengaruhi salesperson untuk bisa menghasilkan pembelian yang sesuai dengan keinginannya. Misal, menawar harga murah, meminta diskon, meminta tambahan nilai dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut merupakan salah satu contoh bahwa salesperson telah kalah dalam proses negosiasi.

1. Ingatlah, Anda adalah penyedia

Bagaimana pun permintaan prospek Anda yang lebih tahu nilai dari produk yang Anda tawarkan dan nilai yang akan didapat oleh prospek. Karena, Anda adalah yang menjadi penyedia produk/layanan, maka tidak ada alasan bagi prospek untuk selalu meminta dan mengatur apa yang sudah Anda tawarkan kepada mereka. Dengan berpegang teguh pada apa yang sudah Anda tawarkan pertama kali dan berhasil mencapai penjualan, itu tandanya Anda sudah menjadi pemenang dalam proses penjualan.

2. Fokus pada apa yang Anda berikan bukan pada hasil

Hasil dalam penjualan memiliki nilai yang tak pasti, untuk itu Anda jangan terlalu fokus pada hasil yang Anda dapatkan saja. Hal paling penting yang seharusnya menjadi fokus Anda adalah apa yang akan Anda berikan kepada pelanggan. Dengan memberikan yang terbaik, hasil pun akan berada pada posisi yang lebih baik. Bahkan, dengan pemberian tersebut Anda dapat menghasilkan penjualan jauh melebihi batas maksimum yang Anda tentukan.

3. Pelanggan sangat puas

Satu titik terakhir yang dapat membuktikan bahwa Anda adalah seorang pemenang yaitu ketika pelanggan merasa sangat puas dengan apa yang Anda berikan. Tak banyak yang mampu mencapai posisi ini, kepuasan pelanggan adalah inti dari sebuah bisnis dan penjualan. Jika Anda tidak mampu membuat pelanggan puas dengan produk dan layanan yang Anda berikan, penjualan pun tidak akan berlangsung untuk periode yang panjang. Hal ini akan membuat Anda akan terus menerus mencari pelanggan baru yang akan menghasbiskan waktu Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com