Return to site

Motivasi Sales: Selalu Berusaha Yang Terbaik!

· Motivasi

Tantangan, kerugian, kesempatan, energi ini akan Anda gunakan dan temukan dalam setiap bekerja. Terlebih lagi bagi Anda yang harus keluar masuk perusahaan pelanggan dan prospek untuk meeting, menawarkan produk, bernegosiasi dan lain sebagainya yang akan sangat membutuhkan energi dan biaya. Namun, dari semua aktivitas yang dilakukan setiap hari ini, semua akan menemukan dua peluang yang sama yaitu berhasil menjual dan gagal dalam menjual. Ini adalah hasil yang memang harus dihadapi dalam setiap usaha dalam proses penjualan.

Anda tentu tidak ingin terus berada dalam kondisi terpuruk dengan kegagalan yang berkelanjutan. Tetapi ini bisa menjadi hal yang akan selalu Anda alami ketika Anda gagal menjalankan proses dengan benar. Satu-satunya cara untuk menghentikan kegagalan adalah dengan memberikan usaha sebaik mungkin dan semaksimal mungkin. Bukan hanya sebatas menjalankan tanggung jawab dan mengesampingkan apa yang akan didapat. Karena dalam penjualan tidak ada yang namanya keberuntungan. Semua penjualan yang Anda dapatkan adalah sebuah hasil dari usaha Anda.

Selalu berusaha yang terbaik menjadi kunci bagi Anda untuk menghasilkan penjualan. Anda tidak akan bisa menemukan prospek berkualitas jika Anda tidak berusaha untuk memperbaiki proses. Anda tidak akan bisa dipercaya oleh prospek, apabila Anda tidak menunjukkan usaha yang serius dan membuktikan bahwa Anda layak untuk dipercaya. Ketika semua proses tidak diawali dengan usaha yang baik, tentunya hasilnya pun akan kurang baik pula.

Selalu memberikan yang terbaik kepada prospek dan pelanggan akan membawa Anda pada hasil yang tidak akan Anda bayangkan sebelumnya. Pelanggan dapat melakukan pembelian berkali-kali lipat karena usaha terbaik yang Anda berikan kepada mereka membuatnya merasa senang dan puas atas penawaran yang diberikan. Ini bukan tentang siapa Anda dan pengalaman yang dimiliki. Meskipun Anda memiliki segudang pengalaman dengan riwayat penjualan yang besar, jika saat ini Anda tidak mau memberikan yang terbaik, maka Anda akan kalah.

Usaha yang Anda berikan mencerminkan apa yang Anda dapatkan, itu adalah kenyataan yang harus Anda jadikan pedoman dalam setiap menjalankan suatu pekerjaan termasuk pekerjaan Anda sebagai salesperson. Jika Anda tidak memberikan yang terbaik atau tidak berusaha untuk mencapai hal tersebut, lalu siapa yang akan percaya kepada Anda? Pelanggan tidak membutuhkan Anda, karena mereka dapat memilih orang lain. Tetapi, Anda akan selalu membutuhkan pelanggan, yang artinya tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak memberikan pelayanan dan usaha terbaik dalam diri Anda.

Jadi, jangan pernah menyerah dan mengeluh atas kegagalan yang Anda alami. Tetapi Anda harus selalu berusaha sebaik mungkin baik dalam keadaan gagal maupun berhasil. Karena ini akan membawa Anda pada titik terbaik dalam karir Anda sebagai salesperson. Jangan menutup mata pada kehadiran teknologi yang dapat mendukung pekerjaan Anda, karena teknologi dalam penjualan seperti CRM akan membuat Anda bekerja lebih efisien, efektif dan meningkatkan produktivitas Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com