Return to site

Pelayanan Anda Tidak Dapat Dinegosiasikan

Pelayanan adalah satu paket dengan apa yang Anda jual!

· Tips Sales

Anda mungkin menilai bahwa pelayanan sales dapat dinegosiasikan sesuai dengan keinginan Anda ketika menghadapi prospek. Tetapi, pelayanan tersebut tidak dapat dinegosiasikan sesuai kebutuhan seperti itu. Sekalipun Anda mengubah pelayanan terhadap seorang prospek A, jika pada prospek B Anda memberikan pelayanan yang berbeda, lama kelamaan sikap Anda tersebut pun akan diketahui bahwa ada perbedaan yang dirasakan oleh prospek A dan B.

Anda bisa saja tidak pernah mengetahui, dimana prospek A dan prospek B tersebut yang bisa berada dalam satu koneksi. Sama halnya ketika Anda memberikan pelayanan atau produk yang tidak sesuai dengan apa yang harus dibayarkan oleh pelanggan. Satu atau dua kali bisa lolos dari perhatian. Tetapi, jika ternyata pelayanan Anda tidak sesuai dengan yang diterima oleh pelanggan, hal ini akan menyebar dengan cepat. Bukan karena sosial media saja, tetapi tanpa sosial media pun kejadian tersebut dapat menyebar dengan cepat.

Jika kita ingat, pada musim liburan seperti hari raya dan tahun baru, kita sering menemukan berita yang mana seorang penjual menaikkan harga produk yang ia jual dengan harga yang sangat tidak wajar. Dari beberapa kasus tersebut, respon pelanggan pun berbeda-beda. Ada pelanggan yang benar-benar merasa dirugikan karena pelayanan yang tidak pantas yang ia dapatkan. Ada pula yang membela penjual karena memang harga tersebut sudah sesuai dan pelanggan-pelanggan lama sudah menerima harga mahal tersebut.

Ini merupakan salah satu contoh paling sederhana bahwa Anda tidak dapat menegosiasikan pelayanan. Artinya, pelayanan yang Anda berikan sudah berada dalam satu paket dalam penjualan yang memang harus Anda berikan secara seimbang kepada pelanggan. Bukan karena ia melakukan pembelian dengan jumlah yang kecil, pelanggan baru, pelanggan lama atau karena pembelian dengan nilai yang sangat besar. Tetapi, semua pelanggan berhak mendapatkan pelayanan yang sama tanpa harus Anda banding-bandingkan nilai dari pembelian pelanggan tersebut. Jadi, mulailah untuk memberikan pelayanan yang baik kepada semua pelanggan-pelanggan Anda dan dapatkan hasil yang baik untuk mendukung penjualan Anda di masa depan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly