Return to site

Pemetaan Prospek Dapat Meningkatkan Efisiensi Proses Penjualan

· Tips Bisnis

Sektorisasi merupakan peluang bagi tim sales untuk menentukan lokasi dan pemetaan prospek untuk melakukan pendekatan dengan efisien. Akan tetapi, melakukan sektorisasi sangatlah tidak mudah. Keragaman kota, demografi, dan batasan perjalanan sehari dari kota utama membuat tugas ini menjadi sangat sulit. Semua hal perlu dipertimbangkan, ini adalah tantangan yang sama yang harus dihadapi direktur penjualan atau manajer wilayah saat ini. Oleh karena itu, setiap sales harus memiliki wilayah yang terdefinisi dengan baik untuk menghindari risiko menyimpang dari jalur dan menggagalkan seluruh tim.

Untuk mewujudkan hal ini, latihannya pun tentu tidak mudah. Mendistribusikan tugas antara staf penjualan berarti sejumlah kriteria harus dipenuhi. Untuk mencegah proses perulangan yang terjadi antar sales

Menggunakan mapping dengan excel tidak lagi efektif dan penuh risiko

Cara dasar untuk membagi area penjualan adalah dengan menggunakan Excel untuk menentukan sektor. Ini bermuara pada pengelompokan akun bersama di wilayah geografis tertentu dan kemudian mengalokasikannya ke tim sales Anda. Tetapi sangat sering, Anda hanya membolak-balik antara peta dan spreadsheet, hanya untuk menyadari bahwa skala yang diadopsi tidak terlalu tepat.

Mendefinisikan sektor dengan aplikasi pemetaan

Jika Anda ingin bekerja lebih cepat, Anda harus benar-benar bekerja sesuai dengan peta. Anda menentukan sektor menggunakan aplikasi pemetaan. Wilayah ditandai secara visual dan dapat disetel di samping data penjualan sehingga Anda dapat memeriksa bahwa mereka terdistribusi secara merata. Satu-satunya hal adalah, mengimpor data ke dalam perangkat lunak serta mengekspor hasilnya ke CRM membutuhkan banyak waktu. Dan selama waktu itu, data mungkin sudah berubah.

Rute penjualan yang optimal dengan aplikasi pemetaan

Untuk hasil terbaik, mengandalkan alat sektorisasi yang merupakan bagian integral dari CRM menjadi solusi yang harus dimiliki. Dengan cara ini, penanganan berkurang dan sektorisasi menjadi lebih cepat dan relevan. Skenario yang ideal adalah mengintegrasikan faktor-faktor lain ke dalam sektorisasi. Misalnya, jika seorang penjual meninggalkan rumah di pagi hari untuk mengunjungi pelanggan, tempat tinggalnya dapat menjadi basis dari operasinya. Dengan terlebih dahulu menggambar area yang mencakup akun kurang dari 45 menit dari rumah dengan mobil, maka dimungkinkan untuk menggunakan basis ini untuk menyeimbangkan wilayah berbagai tenaga penjualan.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK