Return to site

Pengembangan Tim Sales Profesional & Produktif Mulai Dari Sales Pemula

· Sales Training

Memiliki tim sales yang produktif tentu menjadi impian semua sales manager/sales leader. Banyak pemilik bisnis, sales leader yang berharap mendapatkan tim sales produktif dengan cara instant. Cara instan tersebut seperti dengan merekrut sales dengan segudang pengalaman atau gonta-ganti anggota tim sales.

Tahukah Anda, untuk mendapatkan tim sales yang produktif itu harus Anda kembangkan sendiri. Anda tidak bisa mengembangkan tim sales yang produktif dengan cara gonta-ganti anggota tim sales maupun dengan cara merekrut salesperson yang memiliki pengalaman yang cukup banyak saja. Bahkan, merekrut tim baru untuk sales bisa menjadi masalah besar untuk tubuh internal tim sales Anda. Alasannya adalah perbedaan karakter dan budaya dari perusahaan sebelumnya bisa saja tidak dapat hilang dari anggota baru tersebut. Sehingga terjadi penolakan sikap antara rencana yang ingin Anda raih dengan target personal dari anggota tersebut membuat kerja sama tim Anda semakin menurun.

Lain halnya apabila Anda mengembangkan tim yang sudah Anda miliki saat ini untuk menjadi tim sales yang lebih produktif. Caranya dengan mengatur kerjasama dan menyamakan tujuan agar mencapai target penjualan dengan baik. Semakin lama tim Anda bersama, semakin mudah pula untuk menyatukan pola pikir tim Anda untuk menjadi satu keluarga di dalam kantor.

Ketika tim sudah merasa nyaman dengan lingkungan perusahaan, tentu akan lebih mudah bagi mereka untuk bertukar pikiran, menciptakan strategi dan berbagi ide-ide cemerlang untuk menunjang penjualan.

Untuk mendapatkan tim yang dapat bekerjasama dengan baik guna mencapai tujuan Anda dalam mengembangkan tim sales yang produktif, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Mengurangi waktu untuk meeting.

2. Menambah waktu bagi tim untuk duduk bersama, seperti dengan makan bersama sepulang kerja dan lain sebagainya.

3. Meningkatkan efisiensi tim sales dalam mengakses data seperti dengan menggunakan aplikasi/platform Customer Relationship Management (CRM).

4. Terbuka ketika menghadapi masalah, dan menjadikan masalah tersebut sebagai masalah bersama bukan hanya masalah personal.

Itulah beberapa tips untuk mengembangkan tim sales yang lebih produktif. Sadarilah potensi yang dimiliki oleh tim sales Anda. Jangan hanya melihat kemampuan sales di luar yang belum tentu mampu berkolaborasi dengan baik untuk tim Anda.

Bagaimana dengan Anda, apakah akan memilih untuk mengganti susunan tim atau untuk mengembangkan produktivitas tim Anda? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK