Return to site

Penilaian Pelanggan Terhadap Perusahaan Anda

Mana yang Anda dapatkan saat ini?

· Tips Sales

Dalam sebuah bisnis, pelanggan adalah kebutuhan mutlak dan tidak ada penggantinya dari sisi mana pun. Semakin banyak jumlah pelanggan, semakin tinggi peluang penjualan. Tak hanya itu saja, karena pelanggan juga Anda dapat mengalami hal-hal yang sepertinya tidak mungkin menjadi mungkin.

Semua bergantung pada nilai yang akan diberikan oleh pelanggan untuk perusahaan/produk Anda. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja nilai yang akan diberikan oleh pelanggan-pelanggan Anda.

1. Bisnis lebih dikenal

Pelaku bisnis mana yang tidak ingin bisnisnya dikenal oleh khalayak ramai? Tentu tidak ada. untuk itu, bagi perusahaan yang berharap bisnisnya lebih dikenal harus bisa melibatkan pelanggan-pelanggannya. Ada dua hal yang akan Anda dapatkan dari keterlibatan pelanggan. Hal pertama adalah perusahaan/produk akan dikenal sebagai perusahaan/produk terpercaya. Yang kedua adalah perusahaan/produk dikenal sebagai perusahaan/produk yang sama sekali tidak direkomendasikan. Mana yang akan Anda dapatkan adalah bergantung pada pelayanan Anda kepada pelanggan-pelanggan yang dimiliki.

2. Perusahaan membosankan

Banyak pelaku bisnis yang menghabiskan uang-uangnya untuk mengakuisisi pelanggan-pelanggan baru. Tetapi, mereka lupa bahwa pelanggan lama yang mereka miliki adalah aset yang paling penting untuk perusahaan. Ketika pelanggan lama tidak mendapatkan perhatian/mendapat pelayanan buruk, pelanggan akan menilai bahwa perusahaan Anda tidak dapat diajak bekerja sama untuk jangka panjang. Mereka bosan untuk bertransaksi dengan Anda dan memilih untuk keluar dari perusahaan Anda.

3. Sesuai harapan

Pada bagian ini, pelanggan maupun prospek berhasil menjaga hubungan baik dengan perusahaan. Semua pelanggan maupun prospek merasa terlibat dalam bisnis Anda sehingga terjadi ketergantungan untuk menggunakan produk/layanan yang Anda tawarkan untuk jangka panjang. Ketika Anda memberikan waktu dan perhatian yang baik untuk prospek/pelanggan, mereka pun akan memberikan waktu, perhatian dan uang untuk Anda.

Untuk mendapatkan nilai yang ketiga ini, Anda harus memaksimalkan penjualan dengan fokus pada pelanggan Anda. Anda dapat mengimplementasikan aplikasi CRM untuk kemudahan Anda dalam menjaga hubungan dengan mereka.

Dari ketiga nilai yang telah kami sebutkan, mana yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini? Bagaimana kesan Anda ketika mendapatkan nilai pada poin 1 & 2? Silakan ceritakan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Ilustrasi (c) Pixabay.com