Return to site

Pentingnya Pelatihan Untuk Perusahaan Yang Baru Mengenal CRM

Apa yang harus dilakukan pertama kali saat menggunakan CRM?

· CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia,CRM

Mengimplementasikan aplikasi/software CRM untuk pertama kali tentu menjadi pengalaman baru untuk perusahaan dan tim sales yang belum mengenal aplikasi CRM selama menjalani karir sebagai sales. Karena minimnya pengetahuan terhadap CRM inilah tim sales dan perusahaan harus benar-benar memperhatikan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan dalam mengadopsi sistem teknologi hubungan dengan pelanggan ini. Jika perusahaan dan tim sales gagal untuk memahami teknologi ini, tentu bukan hanya menghabiskan biaya, upaya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas tim dalam bekerja pun menjadi hal yang mustahil untuk bisa dicapai.

Jadi, harus memulai dari mana untuk menghasilkan revenue yang positif dari implementasi CRM? Perlu kami tekankan kembali, implementasi CRM bukan untuk menghasilkan revenue secara instan. Namun, aplikasi ini adalah alat untuk merencanakan proses jangka panjang dengan prospek dan pelanggan yang dimiliki. Sedangkan mengenai revenue, semua bergantung pada bagaimana tim sales memahami data yang tersimpan dalam CRM serta cara tim marketing dan tim sales dalam memperbaiki kualitas lead dan prospek yang harus dilayani.

Pentingnya pelatihan untuk tim saat implementasi CRM pertama kali

Hal pertama yang menjadi dasar implementasi CRM untuk mencapai kesuksesan adalah dengan pelatihan semua pengguna aplikasi ini. Ketika implementasi CRM baru diterapkan, tentu tim Anda belum memiliki banyak waktu untuk melakukan pelatihan. Di sinilah peran sales leader untuk mengatur jadwal pelatihan dengan baik dan efektif untuk semua tim sales. Melatih tim sales secara individual jauh lebih memakan waktu yang lebih panjang dan mengurangi produktivitas dalam menjual. Alangkah lebih baik jika Anda memberikan waktu secara eksklusif untuk tim sales dalam belajar memahami CRM.

Jika Anda menggunakan CRM dari penyedia, seperti Sales1CRM, Anda perlu mengatur waktu dengan tim penyedia untuk melakukan pelatihan dengan tim Anda. Anda juga perlu memisahkan pelatihan untuk administrator dengan end user aplikasi. Karena, administrator memiliki tanggung jawab atas keamanan data-data yang sudah diunggah oleh tim sales maupun tim marketing.

Pelatihan untuk implementasi CRM tidak hanya berkutat pada administrasi saja, jika Anda tidak memiliki waktu pelatihan secara penuh kepada tim, manfaat dari implementasi CRM ini pun akan semakin lambat untuk dirasakan oleh tim dan perusahaan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK