Return to site

Manfaat & Keuntungan Dalam Implementasi Sales Force Automation (SFA)

Dukungan penjualan yang lebih optimal dengan SFA

· Tips Sales

Persaingan bisnis dan penjualan yang semakin meningkat, data-data prospek yang semakin tidak teratur, siklus penjualan yang terlalu panjang seperti menambah beban salesperson untuk dapat bekerja lebih produktif dan efisien. Semakin banyak masalah yang dihadapi, tentu semakin banyak pula usaha yang harus dilakukan oleh salesperson. Hal ini pun tentu akan membawa dampak negatif bagi tim sales yang tidak dapat mencapai penjualan di akhir proses. Rasa frustasi akan kinerja dari dalam dirinya menambah masalah dari sisi pribadi salesperson itu sendiri. Jika perusahaan dan sales leader tidak mengantisipasi hal ini, penurunan penjualan akan semakin meningkat, tim sales pun akan semakin tertekan dan tidak dapat bekerja dengan baik.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melatih tim sales untuk bekerja lebih cerdas dibandingkan harus bekerja cepat. Karena, bekerja cepat bukan berarti efisien dan efektif. Namun jika salesperson bekerja cerdas, mereka akan lebih fokus untuk menerapkan langkah-langkah terbaik untuk mencapai penjualan.

Salah satu langkah yang dapat diambil oleh tim sales untuk bekerja cerdas adalah dengan implementasi aplikasi/software Sales Force Automation (SFA). SFA sendiri memiliki fungsi dan manfaat yang cukup potensial untuk memperbaiki kinerja tim sales. Diantaranya adalah untuk meningkatkan closing, mengurangi siklus penjualan dan mengurangi sistem administrasi penjualan. Tidak hanya itu saja, berikut beberapa manfaat atau keuntungan dari implementasi aplikasi/software SFA untuk perusahaan dan tim sales.

1. Mempermudah up-selling dan cross-selling

Software SFA dapat menyimpan semua riwayat pemesanan yang dilakukan oleh pelanggan. Ini sangat bermanfaat bagi tim sales untuk meningkatkan kualitas prospek dengan lebih efektif. Seperti dengan menganalisis informasi penjualan sebelumnya untuk menemukan demografi pelanggan, pola pemesanan yang dilakukan pelanggan. Preferensi pelanggan dan lain sebagainya. Data-data ini pun sangat diperlukan oleh perusahaan untuk menemukan target dan persiapan dalam menghadapi prospek. Sedangkan bagi tim marketing, hal ini dapat membantu tim untuk menggunakan metrik yang lebih spesifik untuk pemasaran.

2. Menjaga peluang

Di saat persaingan yang sangat kompetitif ini, salesperson tentu harus bisa menjaga peluang dengan terus memperhatikan proses pendekatan, hubungan dan komunikasi. SFA merupakan salah satu alat yang dapat digunakan oleh tim sales utuk memantau dan mengikuti perkembangan-perkembangan tersebut untuk menemukan pelanggan yang potensial dan menemukan kecocokan antara produk dan kebutuhan pelanggan.

3. Manajemen tim sales yang lebih optimal

Dengan penyimpanan data dan laporan secara tradisional, sales leader harus menghadapi ketidakteraturannya laporan-laporan dari tim sales terkait penjualan dan follow up yang sudah diselesaikan. Sales leader tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola tim sales yang ia bimbing. Namun, dengan kehadiran SFA, metode sales leader untuk menemukan metrik yang sesuai menjadi lebih mudah dan disertai dengan kecepatan dalam mengambil keputusan. Pengolahan data yang sebelumnya tidak teratur menjadi lebih teratur. Sehingga, waktu untuk mengatur atau memanage tim sales jauh lebih banyak karena sistem administrasi dan data sudah tersimpan dalam satu tempat terpusat yang mudah di akses.

4. Menghemat waktu

Sales leader dapat menentukan metrik dari masing-masing prospek dan tim sales dengan cara yan lebih efisien. Ini tentu akan menghemat waktu yang dimiliki oleh sales leader. Dengan SFA, tim sales dapat menentukan waktu yang tepat untuk meghubungi prospek. Sedangan sales leader dapat mengawasi proses melalui SFA dan juga CRM.

5. Meningkatkan layanan pelanggan

Perusahaan yang memiliki pelanggan loyal yang sangat besar adalah perusahaan yang berhasil meningkatkan loyalitas pelanggan-pelanggannya dengan berbagai kebijakan yang mengutamakan kepuasan dan pengalaman pelanggan. Dengan bantuan SFA, tim Anda memiliki kesempaan untuk memperbaiki kinerjanya dengan memberikan layanan yang baik pada semua pelanggan. Keberhasilan tim dalam meningkatkan layanan ini lah yang nantinya akan membawa kepuasan dari pelanggan maupun prospek.

6. Meningkatkan pendapatan

Keberhasilan tim sales dan tim marketing dalam membaca metrik data dari demografi, pola pembelian dan tingkat kebutuhan prospek dan pelanggan dapat membawa pendapatan yang lebih baik untuk perusahaan. Hal ini tidak lepas dari efektivitas dan efisiensi tim marketing dan tim sales dalam bekerja untuk menemukan pola yang sesuai dengan minat pelanggan.

Masih ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari implementasi SFA untuk bisnis Anda. Jika Anda menginginkan informasi tentang manfaat SFA yang lebih terperinci, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK