Return to site

Peran CRM Dalam Mendukung Pertumbuhan Bisnis Kecil Mencapai Hasil Maksimal

Pengembangan bisnis agar lebih baik dengan CRM

· CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia,CRM

Apapun sistem yang akan Anda gunakan dalam menjalankan bisnis, Anda perlu membuat basis data yang selalu diperbarui mana yang sudah menjadi pelanggan prioritas dan mana pelanggan yang perlu Anda tinggalkan karena potensi untuk mencapai penjualan sudah tidak ada sama sekali dikarenakan ia sudah menggunakan produk dari kompetitor. Sama halnya ketika Anda menjalankan proses pendekatan dengan prospek, Anda juga perlu memahami prospek mana yang memiliki potensi untuk mencapai penjualan dan mana yang tidak berkualitas dan tidak memiliki potensi sama sekali.

Bisnis kecil maupun bisnis berkembang harus lebih realistis dalam menjalankan bisnisnya dengan fokus pada database pelanggan yang sangat kuat. Sayangnya, untuk memiliki database pelanggan dan prospek ini, Anda tidak dapat melakukannya dengan cara manual dan juga tidak dapat memastikan metode analisa sesuai dengan kondisi pasar karena background Anda bukanlah ahli analisa pelanggan maupun pasar. Bahkan, database pelanggan dan prospek ini pun dapat menjadi bagian penting yang nantinya akan mempengaruhi pemasaran yang Anda lakukan. Selama Anda masih menggunakan metode manual dan tidak mengimplementasi CRM, tentu ini akan menjadi hal yang sangat sulit bagi Anda.

Mengenali pelanggan dengan lebih baik melalui aplikasi CRM

Aplikasi CRM bukan hanya sebagai tools tambahan yang dapat Anda kesampingkan. Sebaliknya, CRM dapat menjadi tools terbaik untuk menjalankan bisnis Anda yang tengah berkembang. Karena, dalam manajemen hubungan dengan pelanggan, Anda perlu mengetahui pelanggan secara menyeluruh bahkan hingga riwayat pembelian yang sudah dilakukan selama ini. Anda perlu mengetahui berapa banyak pelanggan yang Anda miliki, berapa banyak komplain pelanggan bahkan Anda juga perlu mengetahui kapan pelanggan melakukan pembelian terakhir kali.

Keputusan pelanggan menggunakan produk yang Anda miliki juga bukan karena tanpa alasan. Ia memberikan kepercayaan penuh kepada Anda. Jika ia sudah memutuskan untuk menggunakan produk lain, Anda perlu mengetahui alasan mengapa kepercayaan pelanggan hilang jika Anda merasa bahwa Anda tidak pernah membuat kesalahan. Ini sangat penting untuk Anda temukan jawaban dan titik masalah yang dihadapi. Sistem CRM memberikan kemudahan untuk Anda dan bisnis yang Anda kembangkan untuk menemukan jawaban tersebut.

Dengan sistem CRM, Anda juga dapat mengelompokkan kriteria-kriteria pelanggan yang Anda miliki mulai dari pelanggan yang terbaik atau bahkan pelanggan-pelanggan yang memiliki reputasi kurang memuaskan. Sehingga, ketika Anda menemukan kategori pelanggan yang statusnya negatif, Anda lebih siap dengan berbagai macam strategi.

Berbicara dengan orang yang tepat

Satu hal kecil yang perlu Anda ketahui adalah ketika Anda sedang ingin memfollow up prospek, Anda perlu memastikan dengan siapa Anda harus berbicara hari ini. Jangan sampai prospek yang sudah Anda hubungi kemarin, masih Anda hubungi kembali hari ini tanpa adanya izin atau jadwal untuk melakukan pembicaraan lanjutan. Ini dapat menjadi kesalahan yang sangat fatal dan berakibat pada hilangnya kepercayaan prospek karena merasa terganggu.

CRM memudahkan Anda untuk memperbarui data kapan terakhir kali Anda melakukan follow up dan sejauh mana proses yang sudah terjalin. Satu hal penting lainnya, Anda dapat menghindari kesalahan dalam menyebutkan nama prospek yang sedang Anda hubungi. Contoh, kita tahu, ada ribuan nama Budi Siswanto di Indonesia, tetapi dari nama tersebut ia mewakili ribuan perusahaan, CRM membantu Anda mengenali prospek dan mencegah Anda melakukan kesalahan saat follow up.

Apakah ada hal lain yang masih belum Anda pahami dari artikel ini dan masih belum yakin dengan fungsi CRM untuk bisnis Anda? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com, tim sales kami akan menghubungi Anda dan menjelaskan bagaimana peran penting CRM untuk mengembangkan bisnis serta untuk meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan dan juga dengan prospek-prospek terbaik yang Anda miliki. Ingin menggunakan CRM gratis (demo version) sebelum mengambil keputusan? Silakan hubungi kami!

Ilustrasi (c) Unsplash.com