Return to site

Riset: Prediksi Pertumbuhan CRM Hingga 2023

Melihat potensi pasar CRM hingga 4 tahun mendatang

· News,CRM

Perangkat lunak (software/platform) Customer Relationship Management (CRM), semakin menjadi pilihan utama berbagai industri di seluruh dunia karena dapat mengadopsi dan mengelola data pelanggan lebih terpusat. Tak hanya itu saja, CRM membantu perusahaan merampingkan proses pekerjaan tim sales dan tim marketing serta tim lainnya guna mempercepat proses untuk mencapai penjualan agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Pendekatan yang berpusat pada pelanggan ini telah memunculkan keinginan bagi perusahaan di berbagai sektor industri dan bisnis untuk menggunakan CRM agar dapat menganalisa pola dan perilaku pelanggan di berbagai channel serta untuk mempertahankan pelanggan bagi kepentingan dan hubungan bisnis.

Berdasarkan hasil riset yang dirilis oleh Market Research Futures, CRM memiliki peran penting untuk menjaga hubungan dengan pelaggan. Terlebih lagi dengan hadirnya teknologi dan evolusi dari Artificial Intelligence (AI) dalam mengumpulkan dan mengelola data, software CRM secara global diperkirakan akan tumbuh menyentuh USD35 miliar pada 2023 dengan CAGR 6% dari tahun 2017 hingga 2023 (yang menjadi tahun perkiraan).

Semakin maraknya berbagai bisnis yang terhubung dengan internet dan juga manfaat dari CRM menjadi faktor yang diharapkan akan menumbuhkan pertumbuhan pasar CRM dalam periode tersebut. Rangkaian sistem pada CRM untuk mengoptimalkan proses dan alur kerja perusahaan diproyeksikan akan memicu peningkatan permintaan akan CRM di berbagai bisnis dalam periode tersebut.

Dari sisi segmentasi teknologi, cloud-based CRM diperkirakan akan tumbuh lebih baik dibandingkan dengan on-premise CRM. Hal ini terjadi karena semakin terjangkaunya solusi cloud-based CRM dan variasi penyimpanan data untuk para pengguna. Tak hanya itu saja, perusahaan yang semakin terbuka dengan mengadopsi Bring Your Own Device (BYOD) kepada karyawan dan penetrasi penggunaan smartphone yang semakin meningkat setiap tahunnya juga akan memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan cloud-based CRM segmen khusus seperti social CRM & Mobile CRM. Kedua segmen khusus ini akan sangat memungkinkan untuk memberikan kontribusi berkelanjutan dikarenakan volume data virtual yang akan terus meningkat. Dari sisi penggunaan aplikasi, pasar CRM akan mengalami pertumbuhan besar terhadap industri layanan pelanggan, manufaktur, pemasaran, social network, supply chain, distribusi dan lain sebagainya. Ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait prediksi pasar CRM hingga 2023? Silakan kunjungi halaman ini!

Ilustrasi (c) Property of Sales1CRM.com