Return to site

Perbaiki Waktu Menunggu Untuk Pelanggan

Jangan biarkan pelanggan menunggu!

· Tips Sales

Prospek dan pelanggan tidak suka menunggu, itu sudah menjadi hukum dalam penjualan maupun penawaran. Tak hanya di Indonesia saja, semua pelanggan di seluruh dunia tidak bisa mentolelir sesuatu yang menunggu terlalu lama dan membuang waktu. Begitu juga dengan Anda yang tidak akan bersedia menunggu keputusan yang terlalu lama dari prospek untuk melakukan pembelian. Jika Anda termasuk orang yang sabar dalam menunggu, itu artinya Anda siap untuk melewatkan peluang lain karena menghabiskan waktu dengan prospek tersebut.

Kita disini tidak membahas tentang waktu Anda, tetapi kami akan membahas tentang pentingnya waktu bagi pelanggan Anda. Karena, hingga saat ini masih banyak perusahaan yang tidak peduli dengan waktu pelanggan-pelanggannya. Perusahaan tidak mengoptimalkan proses untuk memangkas waktu bagi pelanggan untuk menunggu. Sehingga bisnis mereka menjadi korban dari kesalahan dari tim di dalam perusahaan.

Atasi masalah yang berhubungan dengan waktu pelanggan ini dengan beberapa langkah berikut ini.

1. Komitmen perusahaan untuk mengurangi waktu pelanggan dalam menunggu

Jadikan langkah ini sebagai langkah prioritas dalam perusahaan. Dengan demikian pelanggan mendapatkan pengalaman yang lebih baik ketika bekerja sama dengan perusahaan. Perbaiki semua yang berhubungan dengan waktu ini, perbaiki sedikit demi sedikit jika memang Anda merasa berat melakukan semuanya sekaligus.

2. Periksa proses penjualan Anda

Lihatlah dimana proses penjualan yang membuat pelanggan Anda menunggu terlalu lama. Apakah dari logistik, staff penjualan atau dari proses lainnya. Ketika Anda menemukan titik masalah, segera perbaiki.

3. Periksa teknologi yang Anda gunakan

Ada kalanya lambatnya perusahaan dalam memangkas waktu dikarenakan masih menggunakan teknologi yang kurang memadai. Contoh, di saat semua perusahaan sudah berbondong-bondong menggunakan social media dan live chat, perusahaan Anda masih mengandalkan penggunaan telepon. Kita tahu terkadang line telepon sibuk karena banyaknya pelanggan yang menghubungi perusahaan. Mungkin bagi Anda pelanggan yang butuh tidak akan memikirkan tagihan telepon yang mereka keluarkan. Tetapi, yang perlu Anda perhatikan adalah kekecewaan mereka saat menghubungi Anda berulang-ulang tetapi telepon tetap sibuk.

Dengan memperbaiki 3 hal di atas, pemangkasan waktu pelanggan untuk menghubungi perusahaan berangsur akan berkurang.Pelanggan Anda pun semakin senang dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan dan perusahaan pun semakin menaruh kepercayaan untuk terus menggunakan produk/layanan yang Anda berikan.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK