Return to site

Perencanaan Melakukan Panggilan Penjualan

Yang harus Anda rencanakan sebelum melakukan cold calling

· Tips Sales

Melakukan panggilan untuk penjualan tidak bisa Anda lakukan tanpa strategi. Karena, setiap prospek memiliki masing-masing kebiasaan yang berbeda setiap waktu. Dari perbedaan inilah Anda perlu melakukan penyesuaian dalam melakukan panggilan untuk tujuan penjualan agar proses berjalan dengan baik. Dalam banyak kasus, sales melakukan panggilan tanpa memperhitungkan intensitas seperti apa yang dilakukan oleh telemarketing yang bekerja tanpa profesionalitas. Contoh, telemarketing Bank A, tadi pagi sudah melakukan panggilan, ternyata sore hari telemarketing dari Bank A ini kembali melakukan panggilan. Ini bukanlah cara yang baik untuk menawarkan suatu produk. Melakukan panggilan dengan cara seperti ini pula yang akan membuat prospek enggan untuk melanjutkan proses.

Perencanaan dalam melakukan panggilan penjualan bukan tanpa alasan. Dengan cara ini, Anda akan menghasilkan potensi lebih dalam setiap proses penjualan. Anda pun akan menghasilkan informasi yang lebih berkualitas dengan perencanaan tersebut. Adapun untuk melakukan perencanaan panggilan dengan bantuan aplikasi CRM, Anda dapat memulainya dengan beberapa tips berikut ini.

1. Riwayat panggilan terakhir

Kapan Anda melakukan panggilan pada prospek/target terakhir kalinya? Jika masih berada dalam satu pekan yang sama, kami sarankan pada Anda untuk menunda panggilan. Anda perlu melakukan panggilan minimum pada minggu berikutnya. Jarak yang Anda berikan ini untuk memberi waktu kepada prospek mengerjakan apa yang perlu mereka kerjakan terlebih dahulu tanpa adanya gangguan dari Anda.

2. Meneruskan topik sebelumnya

Lihat kembali data proses yang tersimpan pada sistem CRM Anda. Kemudian, susun skrip yang akan Anda bahas dengan prospek yang masih berhubungan dengan topik tersebut. Ini untuk memastikan bahwa proses sebelumnya benar-benar Anda ikuti dan akan meyakinkan prospek bahwa ada kepedulian dari diri Anda.

3. Memperjelas solusi yang Anda tawarkan

Sebelum Anda melakukan panggilan, Anda harus memperjelas solusi yang akan Anda tawarkan kepada prospek terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk memberikan rasa butuh kepada pelanggan. Semakin sesuai nilai yang Anda tawarkan, maka akan berpotensi semakin cepat proses untuk melakukan pembelian.

Itulah perencanaan yang harus Anda lakukan sebelum melakukan peanggilan penjualan yang dapat kami berikan. Jangan lupa untuk mendaftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini dan dapatkan tips-tips terbaru dari kami.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK