Return to site

Persiapan Yang Dilakukan Untuk Meeting Penjualan Yang Selanjutnya

Mempersiapkan diri sebelum meeting dengan prospek

· Tips Sales

Prospek demi prospek sudah berhasil Anda lewati dengan berbagai meeting dan membawa harapan mampu menciptakan penjualan. Sayangnya, Anda masih sering melakukan kesalahan lantaran kurangnya persiapan yang berpihak pada prospek dan cenderung hanya fokus dengan tujuan utama sendiri (menjual produk) membuat dirinya melupakan kebutuhan prospek.

Untuk menghindari kesalahan yang sama pada meeting penjualan selanjutnya, berikut adalah beberapa tips yang kami harap dapat membawa Anda pada keberhasilan penjualan.

1. Mulailah dengan riset perusahaan

Sebelum berangkat untuk menemui seorang prospek, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan riset perusahaan prospek. Ini perlu Anda lakukan untuk memastikan apakah prospek sedang mengalami masalah yang sangat serius terhadap kebutuhan produk/layanan Anda atau masih sebatas mencari opsi. Setiap kebutuhan yang berbeda dari prospek membutuhkan proses yang berbeda pula. Jadi, jangan pernah salah dalam mencari informasi perusahaan prospek.

2. Mencari bisnis yang serupa dengan prospek Anda melalui pelanggan-pelanggan lama Anda

Setiap bisnis selalu ada yang serupa, apa pun bisnis itu. Untuk perusahaan yang sudah memiliki banyak pelanggan, tentu Anda memiliki setidaknya satu pelanggan yang menjalankan bisnis serupa dengan prospek Anda saat ini. Manfaatkan hal tersebut untuk memperdalam informasi tentang prospek agar meeting yang Anda lakukan nantinya dapat menghasilkan penjualan.

3. Bisnis dan industri dari prospek

Setelah mengenal perusahaan dan menemukan informasi tambahan dari pelanggan yang Anda miliki, selanjutnya Anda dapat mulai mempelajari bisnis dan industri dari prospek. Sebagai contoh, untuk perusahaan prospek yang bergerak di bidang jasa, Anda dapat mencari informasi budaya dari perusahaan dan bagaimana mereka menjalankan bisnisnya. Informasi tersebut dapat Anda jadikan sebagai bahan penyesuaian agar berhasil mencapai kecocokan antara kebutuhan dan produk yang Anda miliki saat Anda bertemu dengan prospek pada kesempatan meeting.

4. Memastikan waktu sesuai dengan jadwal yang sudah Anda tentukan

Sebelum Anda berangkat, persiapan selanjutnya adalah apakah waktu. Apakah sudah benar dan memenuhi beberapa poin berikut ini.

  • Jam, hari dan tanggal sudah sesuai
  • Orang/partisipan dalam meeting
  • Poin utama yang akan Anda diskusikan dalam meeting
  • Proses selanjutnya setelah meeting dan penentuan jadwal meeting selanjutnya
  • Pengambilan komitmen dari prospek

Itulah beberapa tips untuk mempersiapkan diri Anda pada meeting selanjutnya dengan prospek yang dapat kami berikan. Masih ada waktu lebih untuk membaca artikel kami? Berikut artikel kami sebelumnya tentang bagaimana agar Anda dapat menjadi pendengar aktif dalam meeting.

Ilustrasi (c) Unsplash.com