Return to site

Tools Yang Harus Dimiliki Oleh Tim Marketing

Alat-alat yang dapat membantu pemasaran lebih optimal

· Tips Marketing,CRM

Sebagai pintu gerbang masuknya pelanggan untuk perusahaan, tim marketing tentu harus memiliki senjata untuk menemukan lead yang berkualitas. Senjata tersebut adalah tools marketing yang dapat digunakan secara gratis maupun berbayar yang disediakan oleh perusahaan. Jika selama ini perusahaan hanya memikirkan keuntungan dan keberhasilan pemasaran, tetapi tidak bersedia menyediakan tools pendukung untuk tim marketing, bagaimana bisa tim dapat bekerja lebih optimal?

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah beberapa tools yang harus dimiliki oleh tim marketing sebagai penunjang kinerjanya.

1. Analitik dan monitoring software

Marketer membutuhkan data pelanggan yang dihasilkan dari demografi. Untuk mendapatkan data tersebut, tim marketing harus menggunakan analitik dan software untuk memantau pola pelanggan. Salah satu tools ini dapat ditemukan dengan pemasangan Google Analytics untuk website. Meskipun tools ini gratis, fitur-fitur yang ditawarkan sangat lengkap.

2. Customer Relationship Management (CRM)

Untuk perusahaan baru dengan 1-100 pelanggan memang masih sangat mudah untuk mengatur dan mengelola pelanggan-pelanggannya. Tetapi, untuk menemukan strategi marketing yang tepat dari 100 pelanggan tersebut bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, penggunaan CRM dari awal akan lebih memaksimalkan tim marketing dalam menganalisa kampanye yang sukses. Tak hanya itu saja, dengan CRM, tim marketing juga dapat memulai fondasi hubungan yang baik dengan pelanggan-pelanggan yang dimiliki guna mengembangkan loyalitas dari pelanggan-pelanggan yang sudah dimiliki. Sedangkan untuk kepentingan pemasaran, tim marketing dapat menggunakan data yang lebih variatif berdasarkan hasil dari analytics dengan data pelanggan dari CRM. Ketika kolaborasi teknologi ini disatukan, tim marketing dapat bekerja lebih baik dan juga berpotensi untuk menemukan lead yang berkualitas.

3. Tracking email marketing

Menggunakan email perusahaan maupun email dari penyedia email tidak dilengkapi dengan sistem pelacakan. Sehingga akan sulit bagi tim marketing untuk mengetahui email seperti apa yang dibuka oleh pelanggan. Tak hanya melacak email di baca atau tidak, tim marketing juga membutuhkan data CTA yang berasal dari email marketing.

Itulah beberapa tools untuk memaksimalkan kinerja tim marketing yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga tips ini bermanfaat dan mengubah sudut pandang Anda tentang pemasaran dan teknologi yang dapat diimplementasikan untuk optimasi kampanye dan kualitas lead yang didapatkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK