Return to site

Pertanyaan Yang Harus Disiapkan Sebelum ‘Pitching’

Menyiapkan diri sebelum meeting dengan prospek

Ketika Anda ingin membukukan penjualan, tentu Anda perlu mencari tahu apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan. Bertanya merupakan tindakan wajib yang harus dilakukan oleh sales untuk mendapat semua informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan kepada prospek saat melakukan panggilan atau saat Anda melakukan pertemuan dengan prospek.

Pertanyaan #1: Tanyakan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dari Anda

Bertanya kebutuhan mungkin sering kita dengar dari seorang customer service (CS) saat kita melakukan panggilan ke perusahaan. Cara ini juga perlu Anda tanyakan kepada prospek untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan mereka. Jika Anda merasa bahwa setiap kebutuhan mereka dapat Anda penuhi tidak ada salahnya Anda menawarkan semua. Jika Anda hanya bisa memenuhi beberapa kebutuhan, itu tidak masalah, Anda dapat menjelaskan produk yang Anda miliki dan solusi yang akan didapatkan oleh prospek tersebut.

Pertanyaan #2: Bertanya kembali apakah masih ada pertanyaan yang belum Anda jawab

Memastikan bahwa Anda sudah menjawab semua pertanyaan dari prospek, cobalah bertanya kembali untuk memastikan bahwa prospek sudah mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan yang diajukan sebelumnya. Tawarkan tambahan waktu untuk mereka bertanya kembali jika memang Anda memiliki waktu lebih.

Pertanyaan #3: Bertanya kembali tentang apa yang sudah dibicarakan sebelumnya

Ketika Anda pernah menghubungi prospek ini sebelumnya baik melalui telepon maupun melalui pertemuan langsung, tidak ada salahnya jika pada kesempatan selanjutnya Anda menanyakan kebutuhan yang sudah dibagikan oleh prospek. Tindakan ini adalah untuk memastikan bahwa apa yang sudah Anda kumpulkan sudah sesuai dengan pertemuan sebelumnya.

Pertanyaan #4: Bertanya tentang kesepakatan

Jika Anda ingin proses pendekatan lebih cepat, jangan takut untuk bertanya kesepakatan akhir setelah negosiasi yang Anda lakukan dengan prospek. Jika memang semua informasi yang dibutuhkan oleh prospek bisa Anda penuhi dan Anda dapat menjawab semua pertanyaan prospek dengan baik, maka selanjutnya Andalah yang harus bertanya kapan prospek ini akan melakukan pembelian.

Itulah pertanyaan-pertanyaan yang harus Anda siapkan untuk melakukan pendekatan dengan prospek. Ikuti terus blog kami untuk mendapatkan tips seputar bisnis Anda.

Ilustrasi (c) Pixabay.com