Return to site

Program & Arti Pelanggan Loyal Untuk Bisnis Anda

Benarkah rewards yang Anda berikan untuk yang koyal?

· Tips Sales

Tidak peduli dimana Anda berada, Anda akan selalu mendapatkan iklan-iklan yang menarik dengan iming-iming program rewards untuk pelanggan setianya. Program ini dianggap sebagai bentuk rasa hormat perusahaan kepada pelanggan yang telah bersedia menggunakan produk-produk yang mereka tawarkan. Tetapi, benarkan program rewards seperti pemberian diskon ini adalah bentuk untuk memberikan rewards kepada pelanggan yang loyal?

Jika dari sudut pandang kami, perusahaan yang memberikan program-program diskon dengan mengatasnamakan untuk pelanggan loyal, itu adalah program yang sebenarnya salah kaprah dalam penerapannya. Karena, di lapangan banyak perusahaan yang membebaskan pembelian dengan diskon untuk semua orang dan tidak harus menjadi pelanggan lama dan loyal.

Program rewards, diskon dan lain sebagainya yang dilakukan hanyalah untuk menarik pelanggan baru. Mohon maaf, kami harus mengatakan bahwa program tersebut hanya untuk menutup keinginan perusahaan mendapatkan pelanggan dengan berbekal kata-kata loyal. Sedangkan bagi pelanggan lama yang melakukan pembelian kembali saat ada program dari perusahaan Anda, dia bukanlah pelanggan loyal seperti yang Anda bayangkan.

Coba Anda perhatikan, seberapa besar jumlah pelanggan Anda yang melakukan pembelian tanpa menunggu adanya program-program tersebut? Itulah mereka yang merupakan pelanggan loyal sesungguhnya yang Anda miliki.

Karena, pelanggan loyal tidak akan pernah menunggu perusahaan mengeluarkan program-program agar mereka melakukan pembelian. Ia akan selalu melakukan pembelian berapa pun harga yang harus ia keluarkan. Karena, pembelian dari pelanggan loyal berasal dari keinginan dan kebutuhan terhadap produk, adanya rasa percaya yang tinggi terhadap perusahaan, memiliki kepuasan dan merasakan manfaat yang sebenarnya dari produk yang Anda ciptakan.

Harga, pelanggan ini tidak akan memikirkan harga, karena manfaat dari produk dan tingkat kepuasan yang ia dapatkan lebih besar dan layak untuk membayar produk Anda dengan harga mahal (tanpa diskon dan rewards).

Ketika Anda menjalankan program rewards dan diskon setiap bulan untuk pelanggan, berarti bukan pelanggan yang membayar Anda untuk loyalitasnya, tetapi Anda membayar untuk mendapatkan loyalitas untuk pelanggan yang tidak mampu merasakan kepuasan yang sebenarnya dari produk Anda.

Jadi, masihkah Anda beranggapan pelanggan loyal adalah yang suka membeli produk dengan diskon?

Ilustrasi (c) Unsplash.com