Return to site

Pusat Kesalahan Sales Yang Harus Dijauhi

· Tips Sales

Setiap kesalahan yang dapat menjadikan sales gagal dalam mencapai penjualan harus segera dijauhi. Pengetahuan sales akan zona-zona tersebut wajib hukumnya agar tidak terjebak pada kesalahan yang sama. Ketika Anda selalu berada pada zona yang sama, sudah pasti Anda akan terus mengalami kegagalan dan bisa jadi tidak akan ada ujungnya. Berikut adalah pusat kesalahan sales yang sudah seharusnya Anda jauhi dan jangan sampai terjebak di dalamnya.

1. Menolak pembelian untuk jumlah kecil

Prospek yang ingin melakukan pembelian dalam jumlah kecil bukan berarti mereka tidak sanggup untuk melakukan pembelian dengan jumlah besar. Pasalnya, ada banyak pelanggan yang melakukan pembelian dalam jumlah kecil untuk beberapa kesempatan dan melakukan pembelian lebih besar selanjutnya. Jika Anda menolak pembelian dalam jumlah kecil di awal, maka akan ada banyak kesempatan yang dibuang sia-sia. Berhentilah tebang pilih kuantitas dan fokuslah pada kualitas dari pelanggan.

2. Bertahan dengan cara pendekatan yang sudah tidak efektif

Ketika Anda menjual, jangan pernah memaksakan metode pendekatan kepada prospek yang mana metode tersebut sudah dianggap kurang tepat. Mulailah dengan mencari metode pendekatan alternatif namun dapat memberikan efektivitas dalam penjualan. Jika Anda bertahan dengan cara yang sama dan sudah tahu hasilnya tidak efektif, tentunya Anda juga akan mengalami hasil yang sama.

3. Membenci pelanggan yang tidak puas

Sering kali kami mendengar keluhan salesperson yang mengatakan sangat tidak suka dengan pelanggan yang suka komplain. Padahal, komplain pelanggan adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki layanan. Jika Anda membeci atau tidak suka pelanggan yang komplain, maka sebaiknya Anda mencoba menjadi pelanggan terlebih dahulu dan coba Anda diam ketika sales melakukan kesalahan yang membuat Anda tidak nyaman. Apakah Anda sanggup? Jika tidak sanggup, itu artinya sama dengan pelanggan Anda, mereka komplain karena ada yang salah. Berterima kasihlah pada mereka yang komplain karena ini akan membuat Anda menjadi lebih baik.

4. Menjual tanpa mengetahui pelanggan

Anda perlu mengenal siapa pelanggan Anda, apa bisnis pelanggan, masalah apa yang umum terjadi dan kemudian apa yang akan Anda berikan kepada pelanggan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ini adalah kunci keberhasilan Anda dalam menjaga hubungan dengan pelanggan dan bagaimana Anda memberikan pelayanan yang baik dan sesuai. Jika Anda tidak mengenal pelanggan Anda, maka pelayanan yang Anda berikan akan kurang maksimal bahkan bisa tidak cocok dengan yang pelanggan inginkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK