Return to site

4 Teknik Untuk Meningkatkan Penjualan

· Tips Sales

Semua sales memiliki waktu dan kemampuan yang bisa tumbuh dengan baik asalkan leader memberikan waktu bagi timnya untuk belajar dan berkontribusi. Maka dari itu, perusahaan melalui sales leader perlu melatih dan mendidik tim yang dimiliki untuk terus tumbuh sebagai bagian dari investasi dan menjaga aset perusahaan bukan sebatas menjadikan sales sebagai tenaga penghasil uang. Membiarkan tim yang dimiliki untuk berkreasi dan membagikan ide-ide cemerlang yang mereka miliki menjadi bagian dalam proses menumbuhkan kemampuan tim Anda tersebut. Selain memberikan kesempatan dengan melatih, Anda juga harus membimbing tim untuk mengetahui hal-hal yang dapat mendorong kesuksesan penjualan dengan beberapa teknik berikut ini:

1. Memahami pasar

Pemahaman akan pasar merupakan teknik nomor satu yang harus dikuasai oleh tim Anda. Dengan pemahaman terhadap pasar ini tim sales akan memproses penjualan dengan cara yang lebih efektif. Pengetahuan akan pasar akan membawa tim Anda menganalisa lebih jauh tentang siapa prospek yang harus benar-benar mendapat dukungan untuk mencapai penjualan.

2. Fokus pada prospek yang tepat

Seperti yang kami jelaskan secara singkat pada poin pertama, pemahaman akan prospek memberi pengaruh terhadap keberhasilan penjualan. Identifikasi personal pelanggan serta profil yang ideal adalah bagian dari teknik ini. Pemahaman yang rinci oleh tim sales terhadap pelanggan akan membawa mereka terhadap prospek yang benar-benar membutuhkan produk/layanan bukan hanya sebatas menjalani proses tetapi tidak tahu dengan siapa ia berhadapan.

3. Mengedepankan perusahaan daripada diri sendiri

Sales harus mengedepankan perusahaan daripada target diri sendiri. Memang, salesperson akan bekerja sendiri-sendiri ketika mencari prospek. Tetapi, pada intinya semua sales dalam satu perusahaan memiliki target yang sama yaitu untuk membawa bisnis semakin tumbuh dan menghasilkan keuntungan yang berkelanjutan. Maka dari itu, tim sales (secara personal) harus mengedepankan target perusahaan dan tidak hanya fokus pada dirinya sendiri. Karena, dalam satu departemen penjualan, satu salesperson gagal mencapai target, maka usaha salesperson lainnya juga dapat dikatakan gagal. Mengapa demikian, yang diutamakan adalah target perusahaan. Jika perusahaan memberikan target pencapaian penjualan sebanyak 1.000 dari 3 sales menghasilkan 900 penjualan dan satu sales lagi hanya 50, maka seluruh sales ini menjadi gagal dalam mencapai target.

4. Pemerataan penggunaan sistem CRM

Sistem CRM merupakan sistem untuk mendukung perusahaan mengembangkan dan menjaga hubungan dengan pelanggan agar menjadi pelanggan yang loyal. Sistem ini juga akan membantu tim sales menyaring prospek untuk mencari calon pelanggan yang sesuai dengan target seperti yang kami sebutkan pada poin #2. Maka dari itu, pemerataan penggunaan sistem CRM harus dilakukan untuk menunjang pekerjaan tim sales menjadi lebih sederhana. Pasalnya, sistem ini memiliki kemampuan untuk diintegrasikan dengan berbagai macam platform lainnya misal social media dan email.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK