Return to site

Rahasia Sukses Memotivasi Tim

Membangun motivasi tim

· Leadership

Memotivasi tim bukanlah pekerjaan mudah yang harus dilakukan oleh seorang leader. Ketika leader ingin melakukan hal tersebut, taktik apapun yang dilakukan tidak dapat menjamin keberhasilannya. Akan tetapi, apabila leader mampu melihat sisi lain dan mengambil langkah untuk mendorong keberhasilan dalam memotivasi tim, itu akan mendapatkan hasil yang berbeda. Apa saja yang harus Anda lakukan untuk dapat memotivasi tim dengan melihat sisi lain yang bukan hanya sebatas kata-kata, berikut daftarnya untuk Anda.

 

1. Menjadi pendukung tim

Penting bagi Anda untuk memposisikan diri sebagai pemimpin yang sportif bagi tim. Jadilah orang yang dipandang sebagai seorang guru bagi tim yang dapat membantu mereka saat mengalami kesulitan. Semua tim membutuhkan sosok yang dapat meringankan beban mereka ketika menghadapi masalah sulit dalam pekerjaannya. Disinilah peran Anda untuk membantu dan memotivasi tim agar mereka dapat menghadapi masalah tersebut dengan baik.

 

2. Membuatnya merasa berharga untuk perusahaan

Penting bagi Anda untuk menjadikan tim sebagai orang yang berharga dalam tubuh perusahaan dan bagi Anda secara personal. Artinya, Anda harus memberikan kepercayaan kepada tim untuk menangani proyek-proyek besar untuk menerima tanggung jawab yang lebih tinggi dalam pekerjaannya. Dengan cara ini, tim dapat memiliki dorongan untuk bermimpi lebih besar, berinisiatif dan memikirkan cara untuk memberikan nilai lebih bagi perusahaan.

 

3. Lingkungan kerja yang positif

Apa artinya lingkungan kerja positif? Lingkungan kerja positif adalah dimana tim mendapatkan tempat saat mendapatkan hasil yang baik dan saat ia mengalami kegagalan. Mendengarkan lebih banyak dibandingkan meminta. Menanggapi masukan dengan serius ketika tim memberikan umpan balik pada leader maupun untuk perusahaan.

 

4. Berkolaborasi

Kolaborasi merupakan salah satu tindakan yang dapat di ambil untuk memotivasi tim. Peran mereka sangat penting bagi Anda dalam memajukan perusahaan. Pastikan mereka mengetahui hal tersebut dan bawalah mereka untuk berkolaborasi pada semua hal dalam perusahaan. Biarkan mereka bekerja sesuai dengan apa yang menurut mereka lebih baik. Yang harus Anda ingat adalah tugas leader adalah sebagai pemberi masukan dan menambahkan ide-ide penting untuk mendukung pekerjaan tim. Ketika Anda dan tim berkolaborasi dalam segala hal dalam perusahaan, ia akan lebih senang bekerja, bukan hanya bekerja karena beban atau tanggung jawab, tetapi karena untuk mencapai kemajuan bersama.

 

Itulah rahasia sukses dalam memotivasi tim dalam bekerja yang dapat kami berikan. Jangan sungkan untuk menambahkan poin-poin lain pada kolom komentar di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK