Return to site

Resolusi Marketing Yang Perlu Anda Lakukan Tahun 2018

Sudah siapkah Anda menghadapi persaingan pasar tahun 2018 ini?

· Tips Marketing

Bukan hanya tahun yang berganti, di awal tahun 2018 ini Anda juga harus mulai memikirkan hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan dalam memasarkan produk. Perusahaan tentu sudah memikirkan banyak planning sebelum akhir 2017 lalu, tetapi tidak ada salahnya jika perusahaan juga memperhatikan apa saja yang harus diperbaiki dalam marketing pada tahun ini.

 

Berikut kami berikan beberapa tips untuk resolusi marketing Anda pada tahun 2018 ini.

 

1. Jangan mengorbankan retensi pelanggan dengan akuisisi pelanggan baru

Dalam memasarkan produk, Anda harus membuat strategi marketing yang seimbang. Yang artinya, Anda harus bisa memastikan bahwa marketing untuk pelanggan lama Anda juga tidak dilupakan dari prioritas. Sebagai contoh, program promo yang Anda lakukan untuk pelanggan baru biasanya cenderung memiliki perlakuan beda seperti diskon 30% untuk pelanggan baru sedangkan untuk pelanggan lama tidak ada program apapun. Metode seperti ini merupakan metode marketing yang mengorbankan retensi pelanggan lama untuk mengakuisisi pelanggan baru. Hindari membuat perbedaan seperti ini dan dapatkan pelanggan yang lebih loyal.

 

2. Selalu cari cara agar pesan marketing Anda dapat disampaikan dengan baik

Banyak pemasaran yang gagal dilakukan secara maksimal oleh perusahaan karena mereka tidak mampu menyampaikan pesan marketing dengan baik. Banyak pelanggan yang tidak bisa dijangkau karena minimnya data.

 

Maksimalkan pesan marketing Anda dengan menerapkan beberapa hal berikut sebagai bagian untuk menciptakan penjualan yang lebih baik tahun ini.

  • Membuat pesan yang dapat menciptakan pelanggan
  • Memanfaatkan seluruh tim dalam perusahaan untuk menyebarkan pesan (tidak hanya fokus pada tim marketing saja)
  • Memanfaatkan influencer target pelanggan.

3. Mengatur target spesifik dari setiap bagian marketing

Menciptakan tujuan spesifik dapat menentukan keberhasilan marketing Anda. Lebih teliti dalam menentukan target baik dari target pasar, target pelanggan dan sebagainya. Kumpulkan semua elemen penting dalam strategi marketing Anda dan tentukan target spesifik untuk masing-masing bagian tersebut. Dengan demikian fondasi marketing Anda akan lebih kuat dan marketing Anda pun dapat berjalan lebih baik.

Itulah resolusi-resolusi dalam marketing yang harus Anda perhatikan pada tahun 2018 ini. Semoga tips sederhana ini dapat membantu Anda dalam memperbaiki penjualan. Untuk mendapatkan data yang maksimal, manfaatkanlah teknologi-teknologi dalam penjualan maupun pemasaran seperti social media, website dan penggunaan aplikasi CRM. Jika Anda memiliki tips lain untuk ditambahkan, silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK