Return to site

Sales Leader: Perbaiki Komunikasi Anda Dengan Tim!

· Leadership,Covid-19

Komunikasi dengan tim merupakan kunci keberhasilan seorang sales leader dalam menjalin kerja sama. Sales leader tidak akan mampu bekerja seorang diri tanpa kehadiran anggota tim sales yang berjuang hari demi hari untuk menghasilkan penjualan bagi perusahaan. Apa jadinya jika tim sales merasa dirinya tidak diperlukan oleh sales leader karena minimnya komunikasi dengan anggota tim? Tahukah Anda, bahwa hal terburuk yang dapat terjadi dari minimnya komunikasi Anda dengan tim adalah semakin hilangnya semangat kerja tim Anda yang membuat penjualan mengalami penurunan.

Komunikasi antara tim sales dan sales leader dapat menjadi nyawa dalam proses penjualan. Anda dapat menjadi sales leader yang mampu mendongkrak motivasi kerja tim sales dengan komunikasi yang terjalin dengan baik setiap hari. Hal ini tidak lepas dari pikiran positif yang muncul dari masing-masing anggota tim sales untuk berjuang sekuat tenaga agar dapat menghasilkan penjualan demi mewujudkan target pribadi dan juga target penjualan yang Anda perlukan. Komunikasi juga menjadi langkah satu-satunya untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi oleh tim sales ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Contoh pada kasus saat ini di mana perusahaan mayoritas menerapkan sistem kerja Work From Home (WFH) yang akan membuat tim kesulitan untuk menangani masalahnya dikarenakan tidak memiliki akses cepat untuk berkomunikasi dengan Anda.

Dalam meperbaiki komunikasi, Anda akan mendapatkan manfaat-manfaat luar biasa yang bisa saja Anda sendiri belum pernah merasakan sebelumnya. Dari hasil komunikasi tersebut, Anda setidaknya akan merasakan beberapa poin berikut ini.

  1. Loyalitas tim dalam bekerja
  2. Totalitas dalam berusaha untuk meningkatkan penjualan
  3. Kemudahan dalam memecahkan masalah (mencari solusi)
  4. Motivasi
  5. Kepercayaan
  6. Keakraban

Dari poin-poin yang kami sebutkan di atas, semuanya akan memberikan pengaruh terhadap kinerja/produktivitas dan motivasi tim dalam bekerja. Namun sebaliknya, ketika komunikasi antara leader dengan tim sangat minim, maka semua manfaat tersebut akan mengalami kebalikannya. Jika Anda merasa nyaman dengan kinerja tim Anda saat ini, maka segera perbaiki komunikasi Anda dengan tim. Anda dapat menggunakan aplikasi chat untuk komunikasi pribadi maupun kelompok, Anda juga dapat menggunakan sistem CRM untuk melihat perkembangan yang dialami oleh tim untuk dijadikan bahan awal proses komunikasi dalam mencari solusi atas setiap masalah penjualan yang dihadapi saat ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com