Return to site

Tujuan Dalam Menggunakan CRM

· CRM Di Indonesia,CRM Software

Tujuan utama dalam menggunakan CRM (Customer Relationship Mnagement) haruslah diketahui oleh tim sales dan tim marketing beserta tim lain yang akan mendapatkan akses jauh sebelum implementasi CRM benar-benar dilakukan oleh perusahaan. Pada dasarnya, jika kita ingin mengetahui apa itu CRM, tentu kita akan memulainya dengan cara memastikan dan melakukan riset sederhana. Setelah kita mengenal ap aitu CRM, selanjutnya kita harus mengenali tujuan dalam implementasi CRM. Dalam menggunakan CRM, tujuan utamanya adalah untuk mengurangi kesenjangan dan mengotomasi proses yang dapat dilakukan untuk pemasaran, penjualan dan dukungan/layanan terhadap pelanggan.

Jumlah penggunaan sistem CRM terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun membuktikan bahwa CRM benar-benar dapat menjadi perangkat dan sistem yang dapat dimaksimalkan untuk menjaga kualitas hubungan, kualitas pelanggan dan kualitas prospek. Umumnya, sistem CRM akan dikemas dalam beberapa sistem dengan dasbor khusus yang dapat diimplementasikan pada tiga fungsi utama seperti penjualan, pemasaran dan juga otomasi. Ketika semua data terdapat pada satu dasbor, perusahaan dapat membuka satu halaman yang dapat membantu tim sales, tim marketing dan tim dukungan pelanggan bekerja sesuai dengan urutan proses yang benar.

Dalam setiap proses tersebut seperti data pelanggan, panggilan penjualan, pengiriman email kepada prospek dan pelanggan, promosi untuk marketing yang dilakukan sebelumnya, nilai dan kualitas pelanggan yang didapat, fakta semua kontak yang dimiliki semua dapat dilihat dalam satu sistem secara ringkas. Semua data yang tersimpan ini pun dapat digunakan untuk kepentingan pemasaran, penjualan atau bahkan untuk meningkatkan retensi penjualan.

Jadi, apa tujuan menggunakan CRM?

Untuk jawaban dari pertanyaan ini tentu sudah cukup jelas di mana tujuan utama dalam penggunaan sistem CRM adalah untuk pemusatan data pelanggan guna meningkatkan kualitas penjualan, kualitas pelanggan/prospek dan sebagai alat yang dapat mendorong perusahaan meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang mana hal ini sagat diperlukan untuk meningkatkan penjualan berkelanjutan seperti retensi penjualan dan loyalitas pelanggan yang tidak mudah untuk didapatkan oleh semua perusahaan. Loyalitas dan retensi adalah satu kesatuan yang mana ini bisa didapatkan oleh perusahaan apabila memiliki kualitas hubungan yang baik dengan pelanggan. Awali hubungan Anda dengan pelanggan menggunakan sistem CRM. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK