Return to site

Sales Leader Sebaiknya Menjauhi Beberapa Hal Ini!

· Sales Training

 

 

Sales leader merupakan tumpuan penting bagi tim sales ketika mereka mengalami kesulitan dalam membukukan penjualan. Begitu juga bagi Marketing leader, ia juga menjadi bagian penting bagi tim marketing untuk memikirkan cara terbaik dalam memasarkan produk agar tim sales mampu membukukan penjualan dengan baik. Ketika tim sales dan marketing menghadapi kebuntuan dalam penjualan dan tidak ada tindakan yang diambil oleh leader, mereka pun tidak akan bisa menciptakan strategi yang baik untuk menghasilkan penjualan atau untuk menargetkan pemasaran dengan baik. Contoh di atas merupakan salah satu kesalahan sales dan marketing leader yang harus di hindari. Ada pun kesalahan-kesalahan lain yang harus dihindari oleh leader adalah sebagai berikut.

 

1. Tidak konsisten dalam mengambil keputusan

Seorang leader harus memiliki sikap konsistensi yang sangat tinggi untuk mengembangkan hal yang sama pada diri tim yang ia asuh. Jika leader saja tidak konsisten, bagaimana cara Anda untuk mengembangkan tim yang konsisten agar mereka dapat mengambil keputusan dengan tegas kepada prospek yang selalu berusaha mempengaruhi keputusannya?

 

2. Selalu berusaha mempromosikan dirinya sendiri

Kesuksesan penjualan atau pemasaran yang dicapai oleh tim bukan semata-mata karena Anda yang menjadi leader. Tetapi karena kerja keras seluruh tim yang bekerja untuk Anda. Oleh karena itu, berhentilah mempromosikan diri Anda dengan mengatasnamakan keberhasilan tim hanya karena keberhasilan Anda. Semakin sering Anda mempromosikan diri dan melupakan tim, semakin besar kemungkinan tim Anda bekerja tanpa semangat dan cenderung ingin keluar dari perusahaan karena merasa tidak Anda perhatikan kehadirannya.

 

3. Angkat tangan saat tim menghadapi masalah

Setiap masalah yang dihadapi oleh tim dianggap sebagai masalah mereka dan Anda tidak berhak ikut campur untuk menyelesaikan masalah tersebut. Berhentilah menjadi leader seperti ini, karena Anda tidak akan pernah memiliki tim yang solid jika selalu melimpahkan semua masalah kepada tim dan Anda lepas tangan dari masalah tersebut.

 

4. Merasa sempurna dalam segala hal

Kesalahan terbesar adalah mereka yang menjadi leader merasa bahwa mereka selalu benar dan tidak akan pernah melakukan kesalahan. Dalam artian ia mengaku bahwa dirinya sebagai pribadi yang sempurna dibandingkan tim yang ia asuh. Pada kenyataanya, tidak ada kata sempurna untuk manusia, sebagus apa pun kinerja yang diberikan selama ini pasti akan ada kesalahan yang diperbuat. Oleh karena itu, berhentilah berpikir menjadi orang terhebat dan rangkullah tim Anda selayaknya mereka juga leader untuk Anda.