Return to site

Hal Dasar Dalam Mengevaluasi Strategi Pemasaran

· Marketing

Mengevaluasi dan menganlisa strategi marketing tidak semudah kita mengucapkannya. Anda harus memikirkan banyak hal termasuk efektivitas strategi yang Anda pilih dan bagaimana mengetahui proses mana yang harus Anda dahulukan. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan apa saja yang harus menjadi bahan evaluasi dan analisa, berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus bisa Anda jawab.

1. Apakah Anda mencapai target?

Hal pertama yang harus Anda analisa adalah bagaimana strategi marketing yang sudah Anda lakukan pada kesempatan sebelumnya. Apakah secarakeseluruhan pemasaran yang dilakukan sudah sesuai atau tidak. Apakah target penjualan yang dihasilkan dari pemasaran sesuai dengan planing atau justru jauh dari yang Anda harapkan.

Apabila Anda mampu meningkatkan lead hingga 50% dalam satu tahun, berapa besar jumlah leads tersebut yang berhasil masuk sebagai prospek untuk tim sales Anda? Analisa lebih jauh, berapa banyak prospek yang sudah dihasilkan dari lmarketing yang Anda lakukan mampu masuk menjadi seorang pelanggan? Apabila dengan peningkatan 50% leads yang Anda dapatkan (150% dengan tahun sebelumnya) tetapi hanya 50% yang berhasil mencapai penjualan, itu menandakan strategi pemasaran Anda masih belum efektif dan masih belum bisa dikatakan sukses.

2. Awal mendapatkan leads

Setiap pemasaran memiliki hasil yang berbeda-beda, artinya Anda tidak boleh menganalisa datangnya leads berdasarkan pemasaran terakhir yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Tetapi, Anda harus benar-benar mengetahui metode marketing mana yang telah berhasil membawa leads tersebut kepada Anda. Ini perlu dilakukan untuk mengukur kesuksesan masing-masing kampanye yang telah Anda lakukan.

3. Apa yang menjadi prioritas Anda?

Pada tahap ini, Anda harus mengevaluasi dan menganailsa apakah Anda berhasil mencapai target atau tidak. Selanjutnya, Anda harus mulai menganalisa, dengan pencapaian tersebut, apakah Anda mengetahui, apa saja yang sudah dikerjakan dengan prioritas baik dan tidak. Jika Anda sudah menentukan prioritas dan mengerjakannya sesuai salespipeline, apakah prioritas tersebut menghasilkan atau hanya membuang waktu? Karena ini sangat penting untuk menciptakan hasil yang lebih baik di masa depan terutama untuk marketing Anda.