Return to site

Cara Menyeimbangkan Hubungan Dengan Pelanggan Menggunakan CRM

Menjalani hubungi yang lebih baik dengan pelanggan

· CRM Di Indonesia,Keuntungan CRM

Bisnis baru atau lama tidak akan pernah berhasil tumbuh jika tidak memiliki pelanggan yang loyal. Hubungan dan umpan balik dari pelanggan menjadi sangat penting untuk bisa mendapatkan loyalitas pelanggan. Tetapi, yang umumnya menjadi masalah adalah, bagaimana cara memahami untuk melakukan hubungan dengan menaruh rasa hormat perusahaan terhadap umpan balik yang diberikan oleh pelanggan walaupun itu adalah komentar yang sangat pedas. Pelanggan memang memiliki kekuatan untuk merasa benar, tetapi banyak juga dari pelanggan yang juga tidak memahami apa yang sudah ia lakukan.

Di sinilah peran dari CRM akan membantu mengsukseskan Anda dalam menjaga hubungan dan membuat perbedaan. Anda dapat mengambil langkah penyeimbang meskipun di awal proses terasa seperti kondisi yang tidak mungkin bisa diselesaikan. CRM akan membantu Anda mengembangkan hubungan pribadi dengan pelanggan yang pastinya dapat membawa keuntungan yang lebih besar untuk perusahaan ketika mereka sudah tahu dan memahami apa yang mereka lakukan saat ini memang berada dijalur yang benar. Berikut adalah beberapa tindakan penyeimbang yang dapat mengelola hubungan Anda dengan pelanggan dan mengarahkan bisnis pada pertumbuhan yang lebih baik dengan bantuan CRM.

1. Mengurangi komunikasi via digital, perbanyak komunikasi konvensional

Dunia yang lebih maju akan menghabiskan lebih banyak waktu bagi seseorang untuk berkomunikasi via digital seperti chat, email dan sosial media. Terlalu sering berkomunikasi melalui media digital seperti ini sangat mudah menciptakan kesalahpahaman. Untuk itu, kurangi komunikasi seperti ini dengan pelanggan-pelanggan Anda dan mulailah untuk mengajak pelanggan berbicara melalui suara baik itu melalui sambungan telepon maupun dengan bertemu secara langsung. Pembicaraan secara langsung ini akan membantu Anda mengenal pelanggan dan juga sebaliknya, pelanggan akan lebih mengenal siapa Anda. Yang pada akhirnya akan menciptakan keakraban dan rasa percaya satu sama lain.

2. Menggunakan feedback pelanggan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan (CX)

Anda bisa saja menganggap produk atau layanan yang ditawarkan kepada pelanggan sebagai produk/layanan yang sudah sempurna. Tetapi, pelanggan memiliki penilaian yang berbeda-beda. Dari perbedaan penilaian inilah Anda akan mendapatkan masukan (feedback) yang dapat Anda tampung. Dari semua masukan yang didapat, pasti Anda akan mendapatkan beberapa masukan yang sangat berharga dari pelanggan yang dapat menyempurnakan produk berdasarkan penilaian mereka.

3. Jujur dengan apa yang Anda berikan

Anda tidak perlu berpura-pura menjadi perusahaan besar jika memang perusahaan Anda belum terlalu besar. Anda juga tidak perlu membohongi pelanggan dengan penilaian produk atau layanan yang terlalu tinggi. Kejujuran yang Anda tunjukkan kepada pelanggan akan jauh lebih meningkatkan kepercayaan pelanggan daripada harus berpura-pura. Dari kejujuran ini pula nantinya akan tumbuh loyalitas yang tak ternilai untuk membantu meningkatkan bisnis Anda.

4. Pantau terus pelanggan Anda

Dengan CRM, Anda akan lebih mudah untuk melihat riwayat pelanggan, baik dari segi pemberian masukan, komplain dan pembelian. Ini dapat menjadi senjata bagi Anda untuk menjaga hubungan dengan pelanggan agar lebih loyal. Dengan pemantauan ini pula Anda akan lebih siap untuk menjalankan program loyalitas pelanggan dengan bijak dan tidak membuang-buang uang selama menjalankan program.

Itulah tips-tips untuk menyeimbangkan hubungan agar dapat meningkatkan loyalitas dengan pelanggan. Jika Anda memiliki niat untuk menggunakan CRM, tetapi masih ragu-ragu karena tidak memiliki rekan yang paham dengan penggunaan CRM secara tepat, jangan sungkan untuk menghubungi kami di hi@sales1crm.com. Karena tim kami siap untuk memberikan masukan dan saran sistem yang tepat untuk Anda gunakan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK