Return to site

Metode Dalam Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan

Teknik untuk menjalankan program diskon

· Sales Strategy

Kami sering mengingatkan kepada Anda, bahwa untuk memberikan diskon Anda harus berhati-hati. Karena, jika Anda salah dalam memberikan diskon kepada pelanggan, maka bukan hal positif yang Anda dapatkan, melainkan sisi negatifnya saja yang akan Anda rasakan. Meskipun demikian, kami juga tidak anti pada pemberian diskon atau menjalankan metode promosi untuk mengembangkan bisnis dan penjualan. Yang kami tekankan adalah bagaimana Anda mempromosikan bisnis dengan cara yang tepat dan menghindarkan Anda pada kerugian. Untuk Anda yang ingin menjalankan program promosi berupa diskon kepada pelanggan, berikut adalah beberapa hal yang dapat kami berikan.

1. Melakukan metode promosi yang dipersonalisasikan dengan profil pelanggan

Ada berapa banyak produk yang Anda tawarkan kepada pelanggan? Jika produk Anda memiliki berbagai macam, maka buatlah sistem promosi periodik yang disesuaikan dengan profil pelanggan-pelanggan Anda. Dengan memberikan metode promosi seperti ini akan mencegah Anda mengalami kerugian yang berlebihan ketika pelanggan yang datang adalah pelanggan “pemburu diskon” saja. Meskipun ini bisa menjadi salah satu cara bagi pemburu diskon untuk datang kembali, personalisasi ini dapat menuntun Anda pada strategi yang lebih baik dalam mengatasi pemburu diskon tersebut.

2. Promosi variatif

Metode promosi yang hanya itu-itu saja hanya akan membuat pelanggan jenuh. Anda juga perlu melakukan variasi dalam mempromosikan produk. Contoh, jika sebelumnya Anda melakukan promosi buy 1 get 1 untuk produk tertnetu, pada promosi selanjutnya Anda dapat melakukan promosi untuk berbagai macam produk. Promosi ini akan membantu Anda menemukan minat dari pelanggan-pelanggan Anda. Serupa dengan personalisasi, namun ini lebih mengarah pada berbagai macam produk yang bisa saja jarang Anda perhatikan pelanggan-pelanggannya.

3. Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan

Metode promosi lainnya adalah dengan melakukan program yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk, layanan dan juga merek. Lumrahnya, metode ini dilakukan untuk produk yang memiliki nilai lebih bagi perusahaan Anda. Misal, produk untuk fokus pada pelanggan menengah, produk untuk pelanggan VIP dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips metode promosi yang dapat kami berikan kepada Anda. Jika Anda memiliki tips lain, jangan sungkan untuk membagikannya kepada kami dengan menambahkan pada kolom komentar.

Ilustrasi (c) Unsplash.com