Return to site

Siapkah Bisnis Anda Mengadopsi Internet of Things?

Peran serta IoT dalam mengembangkan bisnis

· Tips Sales

Pada awal tahun 2019 lalu, kami telah memberikan artikel perkenalan Industri 4.0 untuk Anda. Jika Anda masih belum membacanya, silakan cek artikel ”Mengenal Industri 4.0” pada halaman ini. Industri 4.0 juga tidak terlepas dari peran penting Internet of Things (IoT) yang dikembangkan untuk menunjang pertumbuhan bisnis. Memang, manfaat utama IoT ini adalah untuk efisiensi dalam berbagai hal yang cenderung diartikan sebagai penunjang kehidupan sehari-hari. Namun, konsep IoT sendiri tidak hanya terhenti pada kebutuhan sehari-hari secara personal. IoT juga dapat memberikan peran yang sangat besar terhadap bisnis untuk meningkatkan efisiensi sumber daya.

Teknologi IoT yang dintegrasikan dengan perusahaan dapat memberikan banyak manfaat dan feedback terhadap pertumbuhan bisnis yang sangat besar. Di mana perusahaan dapat meningkatkan fungsional produk yang dimiliki dan meningkatkan pengalaman pelanggan-pelanggan yang dimiliki. IoT juga akan memberikan peran besar dalam merampingkan proses produksi serta supply chain management.

Solusi-solusi tersebut dapat memproses sebagian besar waktu untuk optimasi berdasarkan waktu tenggat produksi lebih baik daripada manusia untuk beberapa bagian atau keahlian tertentu. IoT juga akan memberikan peran penting dalam mengembangkan keputusan dan wawasan bisnis secara keseluruhan dengan berbasis data secara real-time. Seperti akses keuangan, akses produksi, akses produktivitas dan lain sebagainya.

Masalah-masalah krusial seperti keuangan dan produktivitas ini membutuhkan data untuk melihat akurasinya. Di sini, IoT akan memberikan bantuan terhadap semua bagian perusahaan baik itu manajemen maupun tim secara keseluruhan untuk meminimalisir kesalahan dalam mengelola data. Tentu kesiapan perusahaan dalam mengadopsi Internet of Things bagi bisnis ini harus menjadi bagian dari strategi Anda.

Karena, di masa depan perusahaan akan masuk pada zona Industri 4.0 dengan potensi pertumbuhan yang lebih baik dengan Internet of Things, digitalized customer data dan digitalisasi lainnya. Jika Anda tidak mengindahkan kehadiran IoT untuk bisnis atau tidak siap, jangan anggap kegagalan perusahaan bisnis Anda di masa depan adalah karena tim sales maupun tim marketing. Namun, ini karena Anda sebagai pelaku bisnis, pejabat perusahaan dan tim leader yang tidak siap mengikuti perkembangan IoT dan teknologi-teknologinya yang berkaitan dengan bisnis dan pertumbuhannya.

Ilustrasi © Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly