Return to site

Smart City Part 4: Smart Public Safety/Service Solutions

Solusi smart city untuk keamanan publik

· Smart City Indonesia

Smart City terus berkembang seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan internet secara global. Selain faktor internet, keinginan warga negara yang ingin tinggal di lingkungan kota yang lebih bersih dan aman, solusi ekonomi inovatif dan hal-hal lain yang dapat dihasilkan dari konsep Smart City menjadi daya tarik yang tak bisa ditolak oleh setiap warga perkotaan. Salah satunya adalah Smart Public Safety Solutions.

 

Penerapan Smart Public Safety ini digunakan untuk keamanan transportasi umum, keamanan infrastruktur, menghadapi bencana alam, layanan darurat seperti kejahatan, medis, kendaaran dan lain sebagainya. Smart Public Safety ini  tersegmentasi berdasarkan solusi layanan dan aplikasi (software).

 

Segmen solusi sendiri seperti yang kami sebutkan sebelumnya adalah untuk kemudahan masyarakat dalam berkomunikasi dengan instansi baik pemerintah maupun aparat keamanan negara untuk melaporkan kejadian-kejadian yang terjadi saat itu juga. Sedangkan untuk segmen aplikasi adalah untuk mengelola semua laporan yang diterima secara cepat dan memberikan respon yang lebih cepat pula. Dalam contoh sederhana adalah ketika pengguna akun social media berbagi informasi tentang terjadinya gempa bumi yang dapat direspon dengan cepat oleh warga dan pemerintah setempat.

 

Adapun konteks dalam solusi Smart Public Safety ini terdiri dari tiga komponen utama, diantaranya adalah:

 

1. Respon ketika terjadi insiden

Ketika terjadi insiden yang terdeteksi baik itu kecelakaan, kejahatan atau bencana alam yang dihadapi oleh warga kota, aplikasi akan mengirimkan respon data dengan cepat seperti lokasi pelaporan, mengirimkan pemberitahuan kepada petugas secara real time untuk melakukan pengecekan terkait insiden yang dilaporkan. Bagaimana data bekerja? Petugas dapat menganalisa berdasarkan video pengawas keamanan (CCTV), berdasarkan data kejadian/laporan di masa lalu atau dengan sumber-sumber variatif lainnya seperti dengan memanfaatkan social media.

 

2. Investigasi tindak kejahatan

Jika dibandingkan dengan data rekam jejak yang disimpan pada dokumen fisik (kertas/buku), analisa data elektronik lebih cepat dalam mengirimkan struktur informasi dan juga hal-hal yang terhubung seperti orang, tempat dan hal-hal lain yang dapat memudahkan pihak berwajib/aparat keamanan untuk melakukan investigasi.

 

Sedangkan video analytics dapat digunakan untuk melihat struktur metadata yang tidak terstruktur untuk menemukan ciri-ciri dari pelaku kejahatan baik dengan memanfaatkan video atau dengan analisa ciri-ciri lainnya seperti untuk melihat plat nomor pelaku, tinggi badan dan lain sebagainya.

 

3. Prediksi atau aktivitas untuk mengantisipasi

Dengan memanfaatkan analisa data, tren dan hal-hal lain terkait keamanan publik pihak-pihak yang bertanggung jawab akan memiliki pemahaman yang lebih baik atau untuk menganalisa model yang dapat diaplikasikan sebagai alat untuk memprediksi berbagai tipe kejahatan, bencana alam dan lain sebagainya.

Ilustrasi (c) unsplash.com