Return to site

Pentingnya Laporan Untuk Meningkatkan & Mempertahankan Penjualan

Penggunaan laporan yang efektif melalui sistem

· Sales Strategy

Laporan penjualan memiliki peran penting untuk memperlihatkan kinerja tim Anda. Dengan laporan penjualan ini pula, Anda dapat menentukan pelatihan yang tepat dengan kebutuhan tim sales dan juga untuk memperbaiki aspek-aspek tertentu dari proses penjualan yang dilakukan. Contoh, Jika salesperson menetapkan suatu target penjualan dari prospek baru sebesar 10%, nyatanya hanya 4% yang didapat, itu bukan berarti tim Anda tidak bekerja. Dari sini lah, Anda bisa mulai menganalisa setiap masalah yang dihadapi oleh tim sales. Dengan laporan penjualan inilah Anda mendeteksi apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan dari tim Anda.

Memang, kita membutuhkan waktu untuk menganalisa penurunan atau gagalnya mencapai target tersebut. Namun, jika kegagalan ini dibiarkan begitu saja, berapa banyak potensi yang hilang dari genggaman tim sales? Jika selama satu bulan kehilangan 6%, jika target 10% di atas adalah untuk melayani 10 prospek, artinya tim Anda kehilangan 6 prospek yang dapat menjadi potensi. Bayangkan itu terjadi setiap bulan. Maka lebih dari 60 prospek yang lepas dari genggaman tim sales.

Selain untuk melihat kinerja tim Anda, laporan penjualan juga akan membantu Anda menemukan solusi dari lambatnya penjualan suatu produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, tim Anda akan mulai mencari dan mengembangkan strategi yang tepat agar produk/layanan yang ditawarkan dapat diterima oleh pasar bukan hanya sekedar menawarkan tetapi tidak bisa melakukan pendekatan yang tepat agar prospek merasa butuh terhadap produk/layanan tersebut.

Seringkali kita menemukan sales representatif yang gagal untuk mempersiapkan diri melakukan pendekatan dan juga dalam menghadapi masalah kompetisi dikarenakan laporan penjualan yang tidak terdata dengan baik. Yang artinya, mereka sudah merasa bahwa sudah melakukan pekerjaan yang benar dan kesulitan untuk menemukan titik masalah yang sebenarnya menghantuinya. Oleh karena itu, sistem pelaporan yang terpusat menjadi satu-satunya cara bagi sales leader dan pemangku jabatan penting di perusahaan untuk mulai sadar atas kegunaan dan manfaat implementasi Customer Relationship Management (CRM) untuk kepentingan bisnisnya. Modernisasi sistem laporan ini juga dapat memudahkan tim dalam menjaga hubungan dengan pelanggan untuk meningkatkan penjualan.

Dari sini, tentunya Anda sudah paham betul bahwa laporan memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan dan menjaga stabilitas penjualan dan kinerja tim. Dengan dukungan platform CRM, perusahaan dapat lebih mudah dalam memantau aktivitas penjualan dan juga bagaimana tim Anda bekerja untuk menjaga hubungan dengan pelanggan agar dapat menghasilkan penjualan yang baik dari waktu ke waktu. Penasaran dengan CRM? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com dan dapatkan informasi lebih lanjut mengenai bagaimana sistem CRM, Sales1 membantu Anda dalam memastikan kualitas proses penjualan yang dilakukan oleh tim Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK