Return to site

Software CRM Untuk Efektivitas Dan Produktivitas Kinerja Penjualan

· Tips Sales,CRM Indonesia,CRM di Jakarta

Pelanggan adalah nadi untuk tetap menjaga suatu bisnis tetap bisa hidup di tengah tantangan apa pun. Tanpa adanya pelanggan, maka perusahaan besar dan kecil akan gagal dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis. Ketika Anda fokus pada pelanggan dan berhasil meningkatkan loyalitasnya, maka akan lebih banyak prospek yang datang kepada Anda untuk melakukan pembelian. Hal ini terjadi seiring dengan apa yang diberikan oleh perusahaan terhadap pelanggan. Word of mouth dan referral menjadi pendorong utama pertumbuhan bisnis yang dihasilkan dari menjaga hubungan tersebut.

Software Customer Relationship Management (CRM) hadir untuk memungkinkan perusahaan agar dapat menarik, mempertahankan dan menjaga pelanggan dalam satu sistem penyimpanan data. Bahkan, CRM menjadi salah satu software yang semakin dipertimbangkan oleh banyak perusahaan agar dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis dan menjaga hubungan pelanggan. Sistem manajemen hubungan pelanggan ini tidak hanya bisa digunakan oleh perusahaan dengan level enterprise saja. Sekalipun bisnis Anda masih berstatus UMKM atau start-up juga bisa menggunakan software ini selayaknya yang digunakan oleh perusahaan enterprise. Karena, sistem ini di desain untuk mengoptimalkan kinerja dan mengurangi proses penjualan atau yang berhubungan dengan pelanggan, termasuk di dalamnya adalah:

1. Pemahaman yang lebih baik terhadap pelanggan

Dengan sistem CRM, sales dan marketing dapat memahami pelanggan-pelanggan yang dimiliki. Dengan adanya data pada satu sistem yang terpusat, perusahaan dapat menggunakannya untuk membuat strategi baru maupun untuk meningkatkan loyalitas-loyalitas pelanggan yang dimiliki. Dengan adanya sistem ini, tim sales dan tim marketing dapat dengan mudah memahami prospek yang potensial.

2. Membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan prospek

CRM memberikan jadwal yang tepat bagi Anda untuk menghubungi prospek dan pelanggan untuk keperluan follow up atau hal lain yang berkaitan dengan bisnis dan penjualan. Dengan kemudahan untuk menentukan jadwal inilah, tim sales dan prospek maupun pelanggan akan lebih kuat.

3. Memusatkan perekaman data

Semua data pelanggan terdapat pada satu sistem yang dapat diakses oleh tim sales, manager maupun departemen lain yang diberikan akses pada sistem. Ini merupakan hal yang dapat menghemat banyak waktu tim dalam mengolah data pelanggan dan prospek.

4. Optimasi dalam follow up

Follow up menjadi titik penting dalam mencapai penjualan. Jika Anda memfollow up prospek di saat yang kurang tepat, tentunya proses tidak akan berjalan dengan baik. Atau, ketika Anda memfollow up prospek dan kebetulan tim sales yang biasa menangani prospek/pelanggan tersebut tidak hadir, maka ini dapat diambil alih oleh tim lain dengan sangat mudah.

5. Kolaborasi internal yang lebih baik

Kolaborasi antar departemen di dalam perusahaan merupakan hal penting untuk menjaga solidaritas tim dalam meningkatkan penjualan. Bayangkan tim sales dan tim marketing tidak dapat berkolaborasi dengan baik, maka prospek yang dihasilkan pun juga akan kuang baik. Hal serupa juga dapat terjadi antara anggota tim sales A dan anggota tim sales lainnya yang dapat terjadi kesalahan dalam melayani prospek. Hal-hal semacam ini dapat Anda hindari jika menggunakan CRM.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan CRM untuk meningkatkan efektivitas, kemudahan dan produktivitas tim sales. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan mengenai bagaimana cara Customer Relationship Management (CRM) software membantu pekerjaan Anda, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com. Tim kami akan dengan senang hati menerima konsultasi untuk menentukan sistem CRM dari Sales1 yang paling cocok untuk bisnis Anda!

Ilustrasi (c) Unsplash.com