Return to site

Cara Agar Segera Menghasilkan Komitmen Dari Lead

· Tips Sales

Memimpin lead untuk mencapai komitmen dalam proses pendekatan penjualan adalah hal yang harus diperhatikan oleh salesperson. Ketika salesperson gagal mendekatkan lead pada proses penjualan, itu sama halnya Anda hanya membuang banyak waktu untuk melayani lead. Tanpa adanya komitmen yang dibuat oleh lead sama halnya Anda masih berada dalam proses yang tak pasti. Jika hal ini tidak Anda selesaikan secepat mungkin, maka Anda akan kehilangan banyak kesempatan yang ada di luar sana.

1. Komunikasi yang mengarahkan lead pada solusi

Ketika Anda sedang meeting dan berdiskusi dengan lead, yang harus Anda fokuskan adalah dengan memberikan solusi kepada mereka. Ini akan memperbaiki kualitas diskusi yang Anda lakukan dengan lead. Solusi yang Anda tawarkan pada lead akan memberikan perubahan dari sisi lead itu sendiri yang pada akhirnya akan mengarahkan diskusi Anda pada diskusi yang akan membawa pada komitmen.

2. Menghilangkan kebiasaan negatif selama bertemu/meeting dengan lead

Komunikasi yang baik adalah ketika terjalin komunikasi verbal dan non-verbal yang baik. Ada perilaku yang dapat membuat lead enggan memberikan komitmennya untuk menggunakan produk/layanan Anda. Salah satu penyebabnya adalah komunikasi yang Anda tunjukkan kepada prospek tidak menunjukkan adanya keseriusan. Contoh, Anda mengulang pertanyaan yang sudah dijelaskan oleh lead. Ketika terjadi pengulangan tersebut, itu dapat menandakan bahwa Anda tidak begitu memperhatikan apa yang sedang dibicarakan. Hal ini adalah contoh dari kebiasaan negatif sales selama menjalin komunikasi dengan lead yang dapat berakibat pada gagalnya salesperson untuk mendapatkan komitmen dari prospek.

3. Meminta untuk bertemu dengan pengambil keputusan

Satu hal penting yang harus dilakukan oleh salesperson ketika sedang berkomunikasi dengan lead untuk mendapatkan komitmen adalah dengan mencari tahu siapa pengambil keputusan. Jika Anda sudah berhadapan dengan pengambil keputusan, maka Anda hanya perlu menunjukkan bahwa Anda menawarkan produk/layanan dengan solusi yang paling tepat untuk mereka. Persingkat proses dengan menutup celah masalah yang dihadapi lead dengan solusi yang Anda berikan. Tetapi, jika yang Anda hadapi bukanlah pengambil keputusan, sesegera mungkin Anda memintanya untuk mempertemukan Anda dengan pengambil keputusan. Karena, tindakan Anda ingin akan dapat membawa Anda pada komitmen dan juga kejelasan proses komunikasi Anda dengan prospek.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK