Return to site

Solusi Smart City Part 1: Smart Healthcare

Prediksi Smart Healthcare tumbuh 24% hingga 2020

· Smart City Indonesia

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah sering menemukan perangkat-perangkat pintar. Seperti SmartWatch, SmartTV, Baby Monitor, SmartBells dan lain sebagainya. Semua perangkat pintar tersebut sudah bisa kita manfaatkan sejak beberapa tahun tahun terakhir.

 

Salah satu yang mendapat perhatian lebih pada ajang Consumer Electronics Show yang berlangsung di Las Vegas awal tahun 2017 lalu adalah Smart Healthcare. Kami tidak akan membahas lebih jauh tentang produk apa yang dipamerkan dalam ajang tersebut. Tetapi, kami akan memberikan sedikit contoh produk yang sebenarnya sudah dapat ditemukan sebelumnya.

 

Jika Anda pernah menggunakan Smart Bracelet atau gelang pintar, Anda sebenarnya juga telah menggunakan salah satu produk Smart Healhtcare, dimana dengan alat tersebut Anda dapat menghitung langkah serta dapat mengetahui detak jantung Anda dengan memanfaatkan smartphone yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga dapat memasang aplikasi pengingat untuk minum pada smartphone untuk Anda yang sering lupa minum saat sibuk.

 

Dengan dua contoh tersebut, dapat membuktikan bahwa kemajuan teknologi dapat membantu orang-orang sibuk untuk menjaga kesehatannya.

 

Apa tren Smart Healthcare yang disukai?

Menurut laporan yang dilansir oleh MarketWatch, industri Smart Healthcare akan melanjutkan pertumbuhan yang signifikan hingga tahun 2020 mendatang. Disebutkan bahwa pada periode 2016-2020 industri ini akan tumbuh hingga 24.55%. Pertumbuhan tercepat diprediksi terjadi pada catatan medis elektronik serta penggunaan solusi big data dan analitycs untuk membuat proses yang berhubungan dengan kesehatan lebih cepat, akurat dan efisien.

 

Selain itu, biaya perawatan kesehatan yang diperkirakan akan terus mengalami kenaikan membuat pelanggan akan mencari cara alternatif untuk memantau kesehatannya dengan biaya yang lebih rendah. Untuk memudahkan pengguna, mereka akan menggunakan Internet of Things untuk kesehatan yang nantinya bisa mereka dapatkan dengan mudah.

 

Peran big data dan analitycs dalam Smart Healthcare

Big data dan analytics yang diadopsi untuk produk Smart Healthcare akan mengumpulkan data untuk memahami perilaku pasien serta memantau kondisi kesehatan pasien terutama untuk pasien-pasien usia lanjut.

 

Semua pergeseran ini dapat berdampak positif untuk pertumbuhan industri kesehatan. Dimana Smart Healthcare akan memberikan momentum bagi perusahaan yang beroperasi di bidang ini untuk menciptakan permintaan dari sisi konsumen. Sehingga dari permintaan ini akan meningkatkan permintaan-permintaan lainnya yang mendukung pertumbuhan Smart Healthcare pada dekade berikutnya.

 

Hubungan Internet of Things (IoT) dengan Smart Healthcare

Internet of Things (IoT) memiliki banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk kebutuhan manusia yang lebih cerdas, tidak terkecuali pada Smart Healthcare. IoT akan menjadi pendorong untuk menciptakan device atau platform yang akan membantu pasien/pengguna untuk memperhatikan kesehatannya.

 

Sebagai contoh, saat ini sudah bisa ditemukan perangkat untuk mengukur kualitas tidur seseorang. Ketika orang tersebut memiliki masalah saat tidur, dia pasti akan mencari informasi bagaimana meningkatkan kualitas tidurnya. Selain itu, ketika ingin berkonsultasi dengan dokter, pengguna sudah memahami masalah yang dihadapi. Dokter pun dapat melihat data pasien tersebut untuk memberikan solusi terbaik untuk pasien.

 

Kemudahan-kemudahan seperti inilah yang akan mendukung Smart City di masa depan. Semakin mudah warganya menjaga kesehatannya, semakin baik pula nilai kehidupan pada kota tersebut.

 

Bagaimana pendapat Anda tentang Smart Healthcare ini? Apakah Anda senang dengan kehadiran Smart Healthcare dalam kehidupan sehari-hari Anda nanti? Silakan tinggalkan komentar Anda!

Ilustrasi (c) Health.mil