Return to site

Tingkatkan Keamanan Cloud, VMware Ciptakan AppDefense

· News

Tidak ada kata sempurna dalam sebuah sistem, mungkin kata-kata tersebut memang benar adanya. Pasalnya, sekuat apapun pertahanan kemanan yang dilakukan oleh pemilik data, pasti ada celah yang dapat disusupi. Seperti pada kasus yang terjadi pada media beberapa waktu lalu yang harus membayar miliaran Rupiah setelah data pentingnya berhasil dicuri.

Ada banyak cara bagaimana pencuri data bekerja mulai dari yang mencuri data akun, masuk melalui jaringan dan lain sebagainya. Mengantisipasi kondisi-kondisi tak terduga tersebut, VMware mengumumkan produk keamanan data terbaru yang disebut dengan AppDefense. Dimana aplikasi ini difokuskan untuk menjaga keamanan virtual server serta untuk meningkatkan keamanan Cloud.

“Pada saat aplikasi berjalan di mesin virual baik di cloud public maupun private, kita sering tidak melindungi hal yang benar,” ungkap VP Senior Tom Corn dikutip dari CIO.

Produk keamanan cenderung menghasilkan peringatan untuk memberitahu adanya kekhawatiran tentang aktivitas yang mengindikasikan adanya serangan. Terkadang ada yang menunjukkan indikasi tersebut tetapi ada pula serangan yang datang tiba-tiba. Yang artinya, terkadang sistem keamanan juga terlambat untuk mengetahui bahwa ada Ancaman yang masuk.

“Dengan kondisi tersebut (serangan tak terdeteksi) akan sulit untuk mencegah ancaman tersebut,” tambahnya.

Ia mengatakan bahwa sistem keamanan pada komputer tidak ubahnya seorang dokter yang sedang menangani pasien.Menurutnya, dokter tidak akan bisa mengobati pasien jika tidak mengetahui penyebab pasien tersebut sakit. Hadirnya AppDefense ini adalah bentuk keamanan yang mereka ciptakan untuk bisa menghentikan kelemahan yang terjadi dalam jaringan server maupun cloud.

“ Setelah Ada menentukan apa artinya, maka Anda dapat memutuskan apa yang harus dilakukan bila tidak lagi berjalan dalam keadaan baik. Dokter adalah ahli penyakit dengan cara yang sama seperti tim keamanan yang terdiri dari pakar tentang ancaman keamanan data. Dokter pada dasarnya akan mengatakan dua hal. Ciptakan lingkungan yang aman dan ketahuilah apa yang sesuai untuk Anda” lanjutnya.

 

Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang AppDefense? Silakan tonton video berikut ini!

Ilustrasi (c) Pexels.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK